Api Setinggi 15,2 Meter Mengamuk, Ribuan Warga California Mengungsi

DUNIA | 9 November 2018 16:16 Reporter : Teresa Rachel

Merdeka.com - Ribuan orang dievakuasi akibat kebakaran hebat di California Utara. Ratusan rumah terbakar dilahap si jago merah setinggi 15,25 meter.

Bencana kebakaran ini disebut The Camp Fire lantaran lokasinya dekat kawasan Camp Creek. Kebakaran yang terjadi sejak kemarin, Kamis (8/11) ini semakin besar akibat hembusan angin yang membakar hutan kering.

Penduduk di lingkungan tempat tinggal, sekolah dan rumah sakit telah dievakuasi. Sementara beberapa penduduk di kota Paradise terperangkap api. Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa akibat kebakaran tersebut. Demikian dikutip dari BBC pada Jumat (9/11).

Pada Kamis sore waktu setempat, api Camp Fire telah membakar hutan seluas 8.000 hektar dan hampir tidak ada ekosistem yang terselamatkan, menurut pejabat pemadam kebakaran California.

Ketika angin mendekati kekuatan 50 mil per jam (setara 80 kilometer per jam), api dilaporkan makin besar hanya dalam waktu beberapa jam. Sehingga banyak penduduk terpaksa meninggalkan kendaraan dan melarikan diri dengan berjalan kaki.

Perintah evakuasi ditetapkan untuk kota Paradise yang dihuni oleh sekitar 26.000 orang, serta Magalia, Concow, Butte Creek Canyon dan daerah Butte Valley.

Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California, Kapten John Gaddie, mengatakan kepada kantor berita Associated Press, beberapa penduduk di Kota Paradise terperangkap api. Petugas darurat bekerja keras membantu orang-orang mengungsi di sana.

California telah mengalami salah satu kebakaran terburuknya tahun ini, yang membakar 251.610 hektar wilayah. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dua kali lipat dari tahun 2017 dan hampir tiga kali lipat bila di rata-rata selama lima tahun.

Sumber: Liputan6.com

(mdk/noe)