AS Peringatkan Aplikasi Zoom Rentan Digunakan Sebagai Alat Mata-Mata Asing

AS Peringatkan Aplikasi Zoom Rentan Digunakan Sebagai Alat Mata-Mata Asing
DUNIA | 29 April 2020 13:46 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Aplikasi video konferensi Zoom, menjadi populer saat ini di tengah kebijakan kerja dari rumah karena pandemi virus corona, bisa rentan terhadap intrusi layanan mata-mata pemerintah asing, termasuk China, menurut analisis intelijen federal yang diperoleh ABC News. Analisis ini mendesak berbagai organisasi atau lembaga pemerintah untuk mempertimbangkan risiko dengan cermat jika mereka harus terus bekerja dengan sistem tersebut.

Laporan tersebut diterbitkan atas kerjasama Misi Siber Departemen Keamanan Dalam Negeri dan pusat-pusat Misi Kontraintelijen, dan didistribusikan untuk biro-biro pemerintah dan lembaga penegak hukum di seluruh negeri.

Laporan ini muncul kurang dari sebulan setelah kantor FBI Boston memperingatkan peretas bisa membajak atau mengacaukan video konferensi atau disebut “Zoom-bombing.”

Peretas “kemungkinan akan mengidentifikasi atau menggunakan kerentanan yang ada di Zoom untuk mengkompromikan perangkat dan akun pengguna untuk eksploitasi lebih lanjut dari jaringan perusahaan,” kata pemberitahuan itu, dilansir dari ABC News, Rabu (29/4).

Bahkan perbaikan keamanan tidak menghilangkan kekhawatiran, kata para analis, karena "proses perbaikan dirusak oleh ... aktor yang sering memanfaatkan penundaan dan mengembangkan eksploitasi berdasarkan kerentanan dan hasil perbaikan yang tersedia."

Juru bicara Zoom kepada ABC News membantah analisis intelijen. Dia mengatakan pernyataan itu sebagai misinfomasi. Menurutnya penulis dalam laporan itu juga memiliki tingkat kepercayaan rendah terhadap laporan mereka.

"Kami kecewa penulis tidak terlibat dengan Zoom untuk memverifikasi keakuratan klaim ini dan memahami fakta sebenarnya tentang Zoom," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Mengenai masalah keamanan yang dilaporkan...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami