AS Serukan Jerman Turunkan Tentara ke Suriah

DUNIA | 8 Juli 2019 18:41 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Amerika Serikat kemarin menyerukan Jerman mengerahkan tentara lapangan ke sebelah utara Suriah untuk memerangi kelompok militan ISIS karena AS akan menarik mundur pasukannya.

"Kami ingin tentara di lapangan dari Jerman untuk menggantikan tentara kami di kawasan yang menjadi bagian dari koalisi anti-ISIS," ujar perwakilan khusus AS di Suriah, James Jeffrey kepada media Jerman, seperti dilansir laman France24, Minggu (7/7).

Jeffrey yang tengah berada di Berlin untuk membahas soal Suriah mengatakan dia menunggu jawaban dari Jerman dalam bulan ini.

Tahun lalu Presiden AS Donald Trump mendeklarasikan kemenangan melawan ISIS dan memerintahkan pasukan AS ditarik mundur dari Suriah.

Namun sebagian kecil tentara AS masih berada di wilayah utara Suriah yang tidak dikuasai oleh pasukan rezim Basyar al-Assad.

"Kami mencari relawan yang mau ikut ambil bagian di sini di antara sesama rekan koalisi," ujar Jeffrey.

Washington punya dua tujuan di Suriah: mendukung pasukan Kurdi yang menghalau ISIS di sebelah utara Suriah dan mencegah potensi kembali bangkitnya ISIS di sejumlah wilayah Suriah.

AS mengharap negara Eropa akan mengulurkan bantuan dengan menekan Inggris, Prancis, dan Jerman yang sejauh ini sudah mengerahkan pesawat pengintai dan dukung militer non-tempur di Suriah.

Namun sejarah Jerman membuat anggaran pengeluaran untuk militer menjadi kontroversial. Dengan demikian peluang untuk menurunkan tentara lapangan ke Suriah bisa memicu perpecahan di koalisi pemerintahan Kanselir Angela Merkel yang rapuh.

Kubu Demokrat Sosial--koalisi termuda Merkel di pemerintahan--tampaknya akan menentang pengerahan tentara ke Suriah.

Permintaan AS ini menyusul seruan Trump yang meminta Berlin untuk menambah anggaran pertahanannya untuk berkontribusi kepada NATO.

Baca juga:
Israel Tembakkan Rudal ke Suriah, Empat Warga Sipil Tewas
Muslim Suriah Rayakan Lebaran di Pemakaman
Keceriaan Anak-Anak Suriah Dapat Hadiah Mainan Saat Idul Fitri
Ratusan Anak ISIS Meninggal di Kamp Penampungan Suriah
Jerman Tolak Permintaan AS Kirimkan Tentara ke Suriah

(mdk/pan)