Aung San Suu Kyi Klaim Myanmar Tidak Ada Kasus Corona

Aung San Suu Kyi Klaim Myanmar Tidak Ada Kasus Corona
DUNIA | 18 Maret 2020 10:30 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Perbatasan Myanmar-China membentang lebih dari 2.200 kilometer tetapi kasus virus corona hanya dilaporkan di satu sisi.

Di China, lebih dari 80.800 orang telah terinfeksi, tapi menurut Aung San Suu Kyi, pemimpin sipil Myamar, negaranya belum menemukan satu pun kasus terkonfirmasi.

"Sampai sekarang, tak ada satu pun di negara kita terinfeksi Covid-19," jelasnya dalam pidato yang disiarkan di televisi pada Senin, dikutip dari The Guardian, Rabu (18/3).

Di sebelah barat negara itu, 114 kasus virus corona terkonformasi di India dan lima kasus di Bangladesh. Negara tetangganya di selatan, Thailand, melaporkan 114 kasus.

Juru bicara pemerintah Myanmar, Zaw Htay mengklaim gaya hidup dan pola makan yang melindungi mereka dari penyakit tersebut, memicu kekhawatiran bahwa negara ini meremehkan dampak penyakit pernapasan itu.

"Sungguh pernyataan tak bertanggung jawab bertentangan dengan segala hal yang berkaitan dengan wabah virus corona, menantang realita, dan hanya bekerja untuk memberikan rasa aman palsu kepada orang-orang di negara itu tentang penyakit dan risiko infeksi mereka," kata Deputi Direktur Divisi Asia Human Rights Watch, Phil Robertson dalam sebuah unggahan blog.

Sepuluh pasien di Myanmar yang sedang dalam karantina tengah menunggu hasil tes, menurut pemerintah.

Baca Selanjutnya: Secara global ada lebih dari...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami