Begini Cara Wuhan Tes Massal Covid-19 kepada 11 Juta Warga dalam Dua Pekan

Begini Cara Wuhan Tes Massal Covid-19 kepada 11 Juta Warga dalam Dua Pekan
Pelajar Wuhan Kembali Sekolah. ©2020 STR / AFP
DUNIA | 31 Mei 2020 15:35 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Kota Wuhan akan segera merampungkan pengetesan virus corona seluruh 11 juta warga untuk mengendalikan penyebaran pandemi covid-19.

Semua warga dan mereka yang terdaftar dalam dokumen sudah dihubungi untuk pemeriksaan dan otoritas setempat sejauh ini hanya melaporkan satu kasus baru sejak dua pekan program ini dimulai pada 13 Mei.

Dilansir dari laman the New Straits Times, Sabtu (30/5), China menggelar proyek besar melibatkan ribuan petugas ini di saat negara lain masih berjibaku melakukan pengetesan warga.

Upaya ini adalah respons dari pemerintah atas kritik yang menyebut aparat lamban dalam menangani pandemi yang sudah menulari hampir enam juta orang di seluruh dunia dan menewaskan lebih dari 360.000 orang.

Beijing juga mempercepat pengembangan vaksin, memperluas pengetesan di seluruh negeri dan menjaga ketat aturan karantina wilayah untuk memastikan angka kasus positif turun.

"China memperlihatkan mereka bisa menggerakkan sumber daya manusia sedemikian rupa dan segala peralatan dalam skala besar," kata Raina MacIntyre, profesor biokeamanan global di Universitas New South Wales di Sydney, Australia.

"Itu adalah kombinasi dari kemampuan teknologi dan kemauan politik."

Baca Selanjutnya: Perdana Menteri Li Keqiang pekan...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami