Bersepeda Tanpa Hijab, Wanita di Iran Ditahan

Bersepeda Tanpa Hijab, Wanita di Iran Ditahan
DUNIA | 21 Oktober 2020 13:03 Reporter : Iqbal Fadil

Merdeka.com - Seorang wanita muda telah ditangkap di Iran tengah karena dianggap 'menghina jilbab Islam', setelah sebuah video menunjukkan dia bersepeda tanpa hijab.

"Seseorang yang baru-baru ini melanggar norma dan menghina jilbab di wilayah ini telah ditangkap," kata Mojataba Raei, gubernur Najafabad, kepada kantor berita IRNA seperti dikutip Al Arabiya, Selasa (20/10).

Sebuah video pendek yang direkam dengan ponsel yang beredar Senin lalu di jaringan media sosial menunjukkan seorang wanita tanpa penutup kepala bersepeda di depan masjid.

Wanita berambut panjang itu tampak mengangkat tangan kanannya saat dia mengendarai sepeda.

IRNA mengatakan video wanita itu "mengendarai sepedanya tanpa cadar di alun-alun utama" dan "di depan masjid besar" memicu protes dari penduduk dan ulama di Najafabad.

Di bawah hukum Islam yang berlaku di Iran sejak revolusi 1979, wanita harus mengenakan jilbab yang menutupi kepala dan leher serta menutupi rambut mereka.

Tetapi banyak wanita telah mendorong batasan selama dua dekade terakhir dengan membiarkan kerudung mereka meluncur ke belakang dan memperlihatkan lebih banyak rambut, terutama di Teheran dan kota-kota besar lainnya.

"Motifnya melakukan tindakan ini sedang diselidiki," kata Gubernur Najafabad, tanpa mengungkapkan identitas wanita yang ditahan itu.

"Penduduk kota ini mengadakan unjuk rasa hari ini (setelah) pelanggaran norma yang belum pernah terjadi sebelumnya," tambahnya. (mdk/bal)

Baca juga:
Pengadilan AS Perintahkan Iran Bayar Rp20 Triliun Buat Keluarga Agen FBI yang Hilang
Kesetiaan Ibu Dampingi Anak Jalani Perawatan karena Covid-19
Arab Saudi Tangkap Sel Teroris yang Dilatih Pasukan Elite Garda Revolusi Iran
Raja Salman Kecam Iran dalam Pidato Sidang Umum PBB
Ajak Iran dan China, Beginilah Latihan Militer Terbesar Rusia
Iran Eksekusi Mati Seorang Pegulat Setelah Ikut Demo Antipemerintah Pada 2018

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami