Bertemu Menlu Mike Pompeo, Presiden Jokowi Ingin Amerika Jadi Teman Sejati Indonesia

Bertemu Menlu Mike Pompeo, Presiden Jokowi Ingin Amerika Jadi Teman Sejati Indonesia
DUNIA | 29 Oktober 2020 12:41 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo ingin Amerika Serikat (AS) menjadi teman sejati Indonesia. Namun tak sekadar teman baik, tapi hubungan yang terus dipelihara dengan berbagai kerjasama kemitraan. Hal ini disampaikan Jokowi saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo di Istana Bogor, Kamis (29/10).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi didampingi Menlu RI, Retno LP Marsudi. Kunjungan Pompeo kedua kali ini dinilai menunjukkan arti penting bagi kemitraan strategis Indonesia dan Amerika yang sudah dibangun sejak lima tahun yang lalu, apalagi kunjungan ini dilakukan di tengah pandemi virus corona.

"Di dalam pertemuan tadi presiden mengatakan bahwa kita bermitra dan berteman baik dengan Amerika. Dan Indonesia ingin Amerika jadi true friend of Indonesia. Tapi tak bisa take it for granted dan semuanya harus dipelihara dan untuk memelihara kemitraan ini perlu upaya serius, diperlukan pemahamam satu sama lain dan diperlukan upaya mewujudkan kerjasama konkret dan termasuk kerjasma ekonomi," jelas Menlu Retno, dalam keterangan pers yang disiarkan langsung Sekretariat Presiden.

Dilihat dari intensitas saling kunjung, maka intensitas yang paling sering adalah antara pejabat Indonesia dan AS. Baru-baru ini Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berkunjung ke AS, sebelumnya Wakil Menteri Pertahanan AS juga berkunjung ke Indonesia.

"Sekali lagi intensitas saling kunjung ini tunjukkan komitmen dua negara untuk memperkuat hubungan bilateral," jelasnya.

Jokowi juga menekankan Indonesia ingin kerjasama ekonomi Indonesia-AS meningkat di masa yang akan datang dan berharap ada perpanjangan fasilitas Generalized System of Preferences (GSP) di bidang perdagangan kepada Indonesia.

Baca Selanjutnya: Pahami Negara Muslim dan Berkembang...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami