Bertemu Sekjen PBB, Jokowi Bahas Rakhine State dan Palestina

DUNIA | 3 November 2019 15:10 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres. Pertemuan tersebut membahas 2 isu, yakni Rakhine State dan masalah Palestina.

"Dua-duanya kita sampaikan mengenai situasinya, mengenai observasi Presiden, situasi dua isu tersebut," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dikutip laman Setkab, Minggu (3/11).

Retno menjelaskan, Indonesia secara aktif bersedia dan siap untuk berkontribusi menyelesaikan dua masalah yang tidak mudah tersebut. Sekjen PBB secara khusus memberikan apresiasi kepada Presiden Indonesia yang telah banyak mencoba memberikan kontribusi bagi penyelesaian isu Rakhine State.

"Baik Palestina maupun Rakhine State, situasinya menurut Sekjen, memang belum ada kemajuan yang signifikan tapi kita tidak boleh putus asa, kita harus terus berusaha karena pada dua-duanya pada akhirnya menyangkut pada masalah kemanusiaan," imbuhnya.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menlu Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. (mdk/azz)

Baca juga:
Presiden Jokowi Akan Gelar Pertemuan dengan Presiden FIFA dan Sekjen PBB di KTT ASEAN
Jadi Anggota Dewan HAM PBB, Pemerintah Diharapkan Tuntaskan Masalah HAM
Status Dewan HAM PBB Buat Indonesia di Tengah Gugurnya 5 Demonstran
VIDEO: Wapres JK Ingatkan Beban Indonesia Setelah Jadi Anggota Dewan HAM PBB
Wapres JK: Jangan Kita Jadi Anggota Dewan HAM tapi Ada Pelanggaran di Dalam Negeri
Indonesia Kembali Terpilih Jadi Anggota Dewan HAM PBB

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.