Cerita Lengkap Ratusan Penumpang & 3 WNI di Kapal Pesiar Jepang Terinfeksi Corona

Cerita Lengkap Ratusan Penumpang & 3 WNI di Kapal Pesiar Jepang Terinfeksi Corona
DUNIA | 20 Februari 2020 06:10 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Virus Corona atau Covid-19 menyerang penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Jepang. Dari 3.711 penumpang, 446 di antaranya terinfeksi corona, termasuk 3 orang WNI. Para penumpang sempat dikarantina di dalam kapal pesiar hingga hasil pemeriksaan selesai.

Hingga Rabu (19/2), Komisi Nasional Kesehatan China mencatat 2004 meninggal akibat corona di China daratan dan 75.121 orang di seluruh dunia terinfeksi corona.

Berikut kronologi virus corona atau Covid-19 menyebar di kapal pesiar Jepang hingga menginfeksi 446 korban termasuk 3 WNI:

1 dari 5 halaman

Awal Mula Virus Corona Menyebar di Kapal Pesiar

Virus corona menyebar di kapal pesiar Diamond Princess Jepang. Penyebaran virus tersebut bermula ketika seorang pria asal Hong Kong berusia 80 tahun merasakan gejala penyakit corona.

Pria tersebut mulai ikut dalam perjalanan kapal di Yokohama pada 20 Januari 2020 dan meninggalkan kapal di Hong Kong pada 25 Januari.

Ketika kapal itu tiba di Jepang, pihak berwenang pada awalnya melakukan pemeriksaan kepada hampir 300 orang dari 3.711 penumpang yang berada di atas kapal itu. Pihak otoritas secara bertahap mengevakuasi belasan orang yang terinfeksi ke fasilitas medis setempat.

2 dari 5 halaman

Kapal Pesiar Dikarantina di Pelabuhan

Mengetahui ada virus corona menyebar, alhasil kapal pesiar tersebut dikarantina di Teluk Yokohama. Karena saat itu, kapal tersebut tiba di Yokohama. Bahkan kapten kapal meminta agar penumpang tidak keluar ruangan masing-masing.

Salah seorang penumpang bernama David Abel, mengatakan kepada BBC, "Menikmati perjalanan di cruise yang megah, ketika kami tiba di Okinawa, kami harus menjalani proses karantina dan sejak itu semua menjadi drop".

Dia mengatakan para penumpang diberi tahu oleh kapten untuk tetap berada dalam ruangan mereka masing-masing dan tidak boleh keluar.

Sebelumnya kapal pesiar ini sempat dikarantina di sebuah pelabuhan di prefektur Okinawa selatan Jepang.

3 dari 5 halaman

Langsung Memeriksa Penumpang Kapal

Mengetahui hal itu, otoritas Jepang langsung memeriksa kesehatan para penumpang kapal. Sejumlah petugas karantina memasuki kapal pesiar Diamond Princess di pelabuhan Yokohama pada Senin (3/1) malam untuk memeriksa kesehatan 2.500 penumpang dan 1.000 awak kapal.

Pada Kamis (13/2), total kasus yang positif terinfeksi Covid-19 menjadi 219 orang, termasuk satu petugas karantina Jepang, dan ini menjadi kasus penyebaran wabah virus terbesar di luar China daratan.

4 dari 5 halaman

Ada 78 WNI Dalam Kapal Pesiar

Kapal pesiar mengangkut sekitar 3.700 orang di perairan Yokohama, Jepang. Dikarenakan ada satu orang positif mengidap virus corona di dalamnya, pihak berwenang memutuskan untuk melakukan karantina kapal tersebut.

Pemerintah RI kemudian mencari tahu keberadaan WNI di atas kapal pesiar itu.

"KBRI Tokyo telah berkoordinasi dengan otoritas setempat. Terdapat 78 kru WNI yang bekerja dalam Kapal Diamond Princess," ujar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Joedha Nugraha.

"KBRI juga telah menjalin komunikasi dengan para kru WNI untuk memantau kondisi mereka dan memberikan bantuan yang diperlukan," imbuhnya.

5 dari 5 halaman

Tiga WNI Terinfeksi Corona

Ada 78 WNI dalam kapal pesiar tersebut. Dari 78 WNI itu, 3 WNI terinfeksi corona. Dua di antara tiga WNI itu kini dirawat di rumah sakit kota Chiba, Jepang. Kemudian 75 WNI lainnya di Diamond Princess masih dipantau KBRI.

"Tiga dari 78 kru Warga Negara Indonesia dinyatakan confirmed," ujar Menlu Retno Marsudi pada Selasa (18/2), di Jakarta.

"Dari tiga WNI yang sudah confirmed, dua di antaranya dibawa ke rumah sakit di kota Chiba, sementara yang satunya masih menjalani proses untuk menuju ke rumah sakit," jelas Retno. (mdk/dan)

Baca juga:
362 WNI di Kapal Westerdam Sehat, 27 Sudah Pulang
Tiga WNI Penumpang Kapal Pesiar yang Dikarantina di Jepang Positif Terinfeksi Corona
Tiga Warga Israel & 40 Warga AS di Kapal Pesiar yang Dikarantina Terinfeksi Covid-19
Australia Akan Evakuasi 200 Warganya dari Kapal Pesiar Jepang yang Dikarantina
AS, Kanada & Hong Kong Evakuasi Warganya dari Kapal Pesiar yang Dikarantina di Jepang
Cegah Wabah Korona, Kapal Pesiar Bawa Turis Mancanegara Dilarang Berlabuh di Sabang

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agama Sejatinya Tidak Menyulitkan Umatnya - MERDEKA BICARA with Menteri Agama Fachrul Razi

5