Deretan Senjata Canggih & Mematikan Milik Militer Arab Saudi

DUNIA | 3 September 2019 06:20 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Militer Arab Saudi memang tidak sekuat militer Amerika Serikat atau militer Rusia. Menurut Global Firepower, kekuatan militer Arab Saudi berada di peringkat ke-25 dunia.

Meski begitu tak banyak yang tahu bahwa militer Arab Saudi dilengkapi dengan senjata-senjata canggih yang dibeli dari negara-negara lain. Berikut senjata canggih dan mematikan milik militer Arab Saudi:

1 dari 3 halaman

Paveway IV

Paveway IV menjadi salah satu bom tercanggih dan mematikan, karena dilengkapi dengan sinar laser dan GPS dual mode. Senjata buatan Raytheon Inggris ini memiliki panduan berdasarkan Enhanced Computer Control Group (ECCG) atau pengontrol dengan menggunakan komputer.

ECCG yang baru mengandung sensor Height of Burst (HOB) yang meledak di udara, dengan menggunakan GPS yang sudah sesuai dengan SAASM (alat yang bisa melihat penyamaran).

2 dari 3 halaman

F-15

Arab Saudi memborong seri khusus F-15 SAA atau Saudi Arabia Advanced, jumlahnya diperkirakan 186 unit. Mereka menggunakan jet canggih buatan Amerika Serikat yang menjadi pesawat tempur andalan.

Ada juga 96 unit F-15 C yang digunakan untuk menjalankan misi-misi air superiority, serangan udara di atas wilayah musuh. Ada juga 21 unit F-15D yang sengaja dipesan untuk digunakan sebagai pesawat latih bagi para penerbang tempur Arab Saudi.

3 dari 3 halaman

M1A2

Arab Saudi sempat memiliki 442 unit tank M1A2 Abram buatan Amerika Serikat. Tank ini memiliki kecepatan 45 mph di jalan raya dan 33 mph di jalan berbatu. Selain itu, M1A2 ini juga dilengkapi dengan senjata utama 105 mm L52 M68 rifled cannon (M1) dan 120 mm L44 M256 smoothbore cannon (M1A1, M1A2, M1A2SEP)42 rounds.

Tank ini memiliki jenis mesin Honeywell AGT1500C multi-fuel turbine engine 1.500 shp (1.120 kW). Keistimewaan yang dimiliki tank ini adalah mesin turbin gas (dengan bahan bakar JP8 jet fuel), mengadopsi lapisan baja komposit canggih, dan penyimpanan amunisi terpisah dalam kompartemen terpisah untuk keselamatan kru. (mdk/dan)

Baca juga:
Mengenal Pasukan Khusus Rusia Spetsnaz yang Melegenda
Jepang Sampaikan Protes Atas Latihan Militer Korsel di Pulau Sengketa
Amerika Serikat Siap Buat Senjata Hipersonik dalam Dua Tahun
Kegarangan Pasukan Bela Diri Jepang Latihan Militer Dekat Gunung Fuji
China Salip Amerika Jadi Kekuatan Militer Utama di Asia
Perjalanan Enzo Jadi Taruna Akmil yang Sempat Terganjal Dugaan Radikalisme

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.