Diam-diam bawa senjata, guru di Amerika tembak kaki sendiri

DUNIA | 13 September 2014 16:03 Reporter : Vincent Asido Panggabean

Merdeka.com - Seorang guru sekolah dasar di Negara Bagian Utah, Amerika Serikat, dua hari lalu tanpa sengaja menembak kakinya sendiri dengan senjata yang dibawanya ke sekolah secara diam-diam.

Guru kelas enam itu dirawat di rumah sakit setelah insiden yang terjadi di sebuah kamar mandi Sekolah Dasar WestBrook, tak lama sebelum kelas pagi dimulai, seperti dilansir situs Asia One, Jumat (12/9).

Juru bicara daerah itu, Ben Horsley, mengatakan tidak ada korban lain dalam kejadian tersebut dan yang bersangkutan berhak membawa senjata.

"Penembakan itu tidak sengaja. Entah bagaimana, senjata itu meletus saat di kamar mandi, sehingga menyebabkan dia terluka," jelas Ben.

Dia mengatakan setelah peristiwa tersebut, banyak orang mempertanyakan mengapa guru perempuan itu tidak dilarang membawa senjata ke sekolah.

"Sebenarnya, kami tidak tahu dia membawa senjata. Berdasarkan atas undang-undang negara bagian, dia tidak harus memberitahukan hal itu pada atasannya," kata Ben.

Dia menjelaskan senjata itu digunakan untuk keperluan perlindungan pribadi. "Tidak ada yang terluka atau terancam langsung akibat letusan senjata itu."

Terlepas dari kejadian itu kegiatan belajar mengajar tetap berjalan seperti biasa, meski dilakukan pembahasan sesuai dengan usia murid terkait hal itu.

"Karena beberapa alasan kami bahkan tidak mengatakan bahwa guru mereka tertembak sebab kebanyakan murid tidak tahu yang sebenarnya terjadi," ujar Ben.

Ben menjelaskan guru itu telah bekerja selama 14 tahun di sekolah tersebut.

Penembakan di sekolah adalah kejadian sering terjadi di Amerika Serikat. Setiap kali itu terjadi, muncul perdebatan umum mengenai pengendalian atau larangan membawa senjata di lembaga pendidikan.

(mdk/fas)