Donald Trump dan Istrinya Divaksinasi Diam-Diam Sebelum Tinggalkan Gedung Putih

Donald Trump dan Istrinya Divaksinasi Diam-Diam Sebelum Tinggalkan Gedung Putih
Trump hadir di persemayaman George HW Bush. ©2018 Shawn Thew/Pool via REUTERS
DUNIA | 2 Maret 2021 17:08 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Donald Trump dan istrinya, Melania Trump mendapatkan vaksin virus corona sebelum meninggalkan Gedung Putih, menurut sejumlah laporan kemarin.

Mengutip sejumlah penasihat yang disebutkan namanya, New York Times, CNN dan media lainnya melaporkan, saat pejabat lainnya seperti Joe Biden, Kamala Harris, dan mantan wakil presiden Mike Pence, divaksinasi di depan umum, Trump memilih divaksinasi diam-diam pada Januari. Tak ada informasi rinci mengenai vaksin apa yang disuntikkan atau berapa dosis yang telah diberikan.

Baik Donald dan Melania terinfeksi virus corona tahun lalu dan dinyatakan sembuh selama kampanye capres 2020.

Informasi vaksinasi diam-diam ini menjadi sorotan setelah Trump berpidato dalam Konferensi Aksi Politik Konservatif (CPAC) di Florida.

“Setiap orang harus mendapatkan suntikan,” ujarnya kepada peserta yang hadir, memicu pertanyaan dari wartawan apakah dia telah divaksinasi, dikutip dari The Guardian, Selasa (2/3).

Melalui pidato itu Trump pertama kali meminta pendukungnya – yang termasuk kelompok yang skeptis terhadap vaksin – agar divaksinasi. Menurut Axios, orang kulit putih Republik yang telah disurvei sangat meragukan vaksin.
Jauh sebelum Covid, Trump juga mendorong gerakan anti-vaksinasi di AS, dengan menuliskan klaim konspirasi dan mempertanyakan para ilmuwan di Twitter.

“Menurut saya vaksin bisa sangat berbahaya. Dan, tentu saja, kalian tahu, banyak orang yang membicarakan vaksin dengan anak-anak terkait dengan autism,” ujarnya pada 2009, menurut New York Times.

Bahkan saat dia menyatakan maju sebagai capres, Trump berulang kali melontarkan misinformasi terkait vaksin anak-anak dari panggung debat.

Baca Selanjutnya: Sebuah penelitian yang diterbitkan di...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami