Dua warga AS anggota ISIS dipulangkan ke negaranya

DUNIA | 25 Juli 2018 14:00 Reporter : Ira Astiana

Merdeka.com - Dua warga Amerika Serikat yang pernah ditangkap di Suriah karena dituding bergabung dengan Negara Islam Iran dan Suriah (ISIS) dilaporkan pulang kembali ke negaranya.

Keduanya adalah Musaibli dan Samantha Elhassani. Sebelumnya mereka ditangkap oleh Pasukan Demokrat Suriah, pasukan Kurdi yang didukung oleh AS.

"Dua warga AS yang didakwa dalam dua kasus terpisah di bawah pelanggaran federal, telah dipindahkan dari tahanan Pasukan Demokrat Suriah ke AS," kata juru bicara Departemen Kehakiman AS, Wyn Hornbuckle, dikutip dari Middle East Eye, Rabu (25/7).

"Kami akan berupaya untuk memberi hukuman seadil-adilnya bagi mereka yang mendukung atau bahkan mencoba memberi bantuan kepada teroris," tambahnya.

Hornbuckle menuturkan bahwa Elhassani akan didakwa di Indiana karena telah membuat pernyataan palsu kepada FBI. Belum diketahui kapan sidang awalnya akan dilakukan. Sedangkan, terdakwa Musaibli diketahui belum menyewa pengacara hingga sekarang.

Sementara itu, Komanda Sean Robertson mengatakan bahwa Departemen Pertahanan telah menyediakan pesawat dan wak kapal untuk membawa para tahanan dari Suriah ke AS. (mdk/frh)

Baca juga:
Diduga simpatisan ISIS, 3 WNI di Malaysia ditahan 28 hari buat penyelidikan
Polri akan dalami 3 WNI diduga ISIS yang ditangkap di Malaysia
Polri koordinasi dengan polisi Malaysia soal penangkapan 3 WNI diduga simpatisan ISIS
Menlu Retno belum bisa pastikan 3 dari 7 simpatisan ISIS di Malaysia WNI
Polisi Malaysia tangkap 3 WNI diduga simpatisan ISIS
Iran tangkap 4 orang diduga anggota ISIS

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.