Dugaan WNI Dimutilasi, KBRI Malaysia Beri Klarifikasi
DUNIA | 12 Februari 2019 13:24 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Malaysia memberikan tanggapan terkait dugaan adanya dua WNI sebagai korban mutilasi di Selangor beberapa waktu lalu. Dalam pernyataannya yang disiarkan Selasa (12/2), KBRI di Kuala Lumpur menyampaikan pihaknya telah berkomunikasi dengan kedua keluarga WNI yang melaporkan kehilangan.

Selain itu, KBRI juga tengah dan akan terus berkoordinasi intensif dengan Polisi Diraja Malaysia (PDRM). Sampai saat ini, belum ada bukti secara resmi bahwa kedua korban mutilasi itu berpaspor Indonesia.

Dua korban pembunhan itu atas nama Nuryanto yang merupakan bos tekstil asal Bandung dan stafnya, Ai Munawaroh. Jenazah keduanya ditemukan di dekat Sungai Buloh, negara bagian Selangor, pada 27 Januari 2019.

Dari pihak keluarga sendiri menyampaikan bahwa Nuryanto berangkat ke Malaysia dalam rangka urusan bisnis pada Kamis 17 Januari 2019. Hanya saja, mereka kehilangan kontak pada 22 Januari 2019.

Kondisi jenazah ini sulit dikenali. Sebagai upaya identifikasi, kedua keluarga telah berangkat ke Malaysia untuk menjalani tes DNA.

"Hingga saat ini, pihak PDRM masih terus berupaya untuk mengidentifikasi identitas kedua jenazah yang ditemukan. PDRM telah mengambil sampel DNA dari kedua keluarga WNI," kata pihak KBRI dalam siaran pers.

"Bekerja sama dengan KBRI Kuala Lumpur, PDRM juga telah menyerahkan data sidik jari salah satu korban yang ditemukan guna pencocokan rekam data sidik jari salah satu WNI," lanjutnya.

Jika nantinya korban dinyatakan secara resmi sebagai WNI, KBRI menyatakan akan memberikan bantuan yang dibutuhkan secara maksimal, termasuk penanganan jenazah dan pengurusan kasus ke ranah hukum.

Reporter: Siti Khotimah

Sumber: Liputan6

Baca juga:
Polisi Malaysia Tangkap 2 Terduga Pelaku Mutilasi Bos Tekstil asal Bandung
Kronologi Bos Tekstil Asal Bandung Tewas Dimutilasi di Malaysia
Mutilasi dan bakar istri, Kholili dituntut 14 tahun penjara
Penemuan Korban Mutilasi dalam Boks Plastik Paling Bikin Heboh Kalsel di 2018
Unggah berita hoaks mutilasi, pegawai Lapas Timika diciduk polisi
Mutilasi pacar demi praktik sihir dan seks menyimpang, mahasiswi ditangkap

(mdk/noe)