Enam Orang Tewas Saat Insiden Penembakan Rumah Sakit di Ceko

DUNIA | 11 Desember 2019 12:11 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Seorang pria bersenjata membunuh enam orang di sebuah ruang tunggu rumah sakit di Ostrava, Ceko sebelum menembak diri sendiri, kata polisi. Polisi bersenjata menemukan pelaku tewas bunuh diri tiga jam kemudian dalam sebuah kendaraan.

Pelaku diyakini pasien rumah sakit tersebut, kata laporan yang belum terkonfirmasi. Motif pelaku juga belum jelas.

Petugas polisi mengatakan mereka diminta ke rumah sakit di wilayah timur laut itu pada Selasa (10/12) pukul 07.19. Penembakan itu terjadi di klinik trauma rumah sakit Universitas Ostrava.

Dilansir dari BBC, Rabu (11/12), Direktur Rumah Sakit, Jiri Havrlant menyampaikan kepada TV Ceko, pria bersenjata itu menembak tanpa peringatan, mengenai sembilan pasien. Empat pria dan dua perempuan terbunuh dan tiga lainnya terluka, dimana dua orang mengalami luka serius.

Semua korban merupakan pasien di rumah sakit tersebut. Rumah sakit kemudian ditutup.

1 dari 2 halaman

Buru Pelaku dengan Helikopter

Seorang dokter di rumah sakit tersebut menyampaikan kepada situs Aktualne, para pegawai diamankan di sebuah lorong menunggu keadaan darurat berakhir.

Salah satu saksi mata, Iwona Marusikova, kepada Reuters mengaku sulit membicarakan kejadian tersebut.

"Saya bertugas di unit darah di sini. Itu mengerikan, saya masih syok, ini kejadian yang menyedihkan, mengerikan."

Polisi sebelumnya meminta bantuan untuk mencari pelaku, tapi mengingatkan orang-orang jangan mendekatinya, menambahkan bahwa TKP di wilayah Moravia-Silesia telah "diamankan".

Pelaku menggunakan pistol dan pergi dengan mobil Renault Laguna berwarna perak, menurut polisi. Polisi mengatakan telah mengidentifikasi nama pria berusia 42 tahun itu, mendapatkan fotonya dan nomor plat kendaraannya.

Polisi mengatakan setelah mendapatkan foto pelaku dari kamera keamanan, mereka mengerahkan dua helikopter untuk mencarinya. Ketika salah satu helikopter terbang di atas mobil sekitar 5 kilometer di utara rumah sakit, pria itu menembak kepalanya sendiri dan kemudian meninggal.

Pistol yang digunakan dalam serangan itu digambarkan sebagai pistol 9mm buatan Ceko, yang dimiliki tanpa izin.

Awalnya polisi mengunggah gambar seorang pria yang menurut mereka perlu dilacak dan kemudian mengatakan bahwa dia adalah pria di balik penembakan itu, tetapi mereka kemudian menghapus gambar itu setelah ditemukan.

Patroli ditingkatkan di sekolah, pusat perbelanjaan dan rumah sakit lainnya.

2 dari 2 halaman

Tragedi Besar

Kerabat pelaku mengatakan kepada media Ceko bahwa yang bersangkutan sakit parah. Dia merupakan insinyur konstruksi yang telah dirawat di departemen hematologi onkologi rumah sakit.

Perdana Menteri Andrej Babis membenarkan enam orang tewas dan penembakan itu terjadi dalam jarak dekat. Dia mengatakan tersangka langsung mengunjungi ibunya di rumah setelah melakukan aksinya untuk memberi tahu apa yang baru saja dilakukan.
Babis kemudian membatalkan perjalanan ke luar negeri dan mengunjungi Ostrava.

Gubernur Moravian-Silesian, Ivo Vondrak, mengatakan penembakan tersebut merupakan tragedi besar. Kepolisian mengatakan petugas langsung merespons laporan penembakan tersebut dan meluncur ke lokasi. Polisi tiba sekitar lima menit kemudian. Ostrava berada sekitar 300 kilometer di timur Praha.

Polisi menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan pegawai yang menjadi korban dan berterima kasih atas bantuan masyarakat selama insiden tersebut. Setelah mengumumkan wilayah tersebut aman dan jalan dibuka kembali, warga menyambangi rumah sakit dan meletakkan karangan bunga serta menyalakan lilin.

Serangan bersenjata jarang terjadi di Ceko, kendati kepemilikan senjata cukup tinggi di Eropa karena tradisi berburu. Pada 2015, seorang pria melepaskan tembakan di sebuah restoran di kota timur Uhersky Brod, menewaskan delapan orang sebelum bunuh diri.

(mdk/pan)

Baca juga:
Perusahaan Ceko Minat Bangun Bengkel Pesawat di Bandara Samarinda
Perjuangan Petugas Kebun Binatang Bersusah Payah Tangkap Burung Pelican
Keindahan Prague Castle, Salah Satu Kastel Terbesar di Dunia
Pria Ceko Tewas Diterkam Singa Peliharaan
Aksi Menantang Adrenalin Panjat Tebing Es di Republik Ceko
Serunya Kompetisi Renang Natal Musim Dingin di Republik Ceko

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.