Era Baru Perang Modern, Ketika Membunuh dengan Drone Sudah Menjadi Hal Biasa

Era Baru Perang Modern, Ketika Membunuh dengan Drone Sudah Menjadi Hal Biasa
DUNIA | 21 Januari 2020 08:04 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Bayangkan sebuah game pesawat jet tempur di aplikasi ponsel pintar atau konsol Play Station. Pemain bisa menghabisi target atau menghancurkan musuh lewat tampilan di layar monitor atau ponsel. Sekarang bayangkan fotografer yang menjadi pilot drone bisa mengendalikan pesawat nirawak mereka dilengkapi dengan persenjataan yang bisa melepaskan tembakan atau bahkan rudal.

Kelompok Drone Wars dalam laporan mereka bertajuk In The Frame, menyimpulkan, pembunuhan target dengan serangan drone seperti yang baru terjadi pada Panglima Garda Revolusi Iran Qassim Sulaimani kini menjadi sudah sangat biasa lantaran propaganda pemerintah, kerahasiaan informasi, dan laporan media yang tidak kritis.

Menurut laporan Drone Wars, Inggris dan Amerika membuat pembunuhan target seperti dalam konflik dengan kelompok militan ISIS menjadi sebuah narasi yang mudah dilakukan. Sejumlah pentolan ISIS dikabarkan tewas akibat serangan drone dan sebuah daftar yang dibuat Inggris berisi nama orang-orang yang akan dibunuh dengan drone muncul ke publik.

Baca Selanjutnya: Chris Cole direktur Drone Wars...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami