Erdogan Ancam Kirim 3,6 Juta Pengungsi ke Eropa

DUNIA | 10 Oktober 2019 19:11 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan hari ini mengatakan negaranya akan mengirimkan 3,6 juta pengungsi Suriah di Turki ke Eropa jika negara-negara di Benua Biru itu menyebut operasi militer Turki di Suriah adalah pendudukan.

"Kami akan membuka gerbang dan mengirimkan 3,6 juta pengungsi kepada Anda," ujar Erdogan dalam pidatonya di depan anggota parlemen dari partai pendukungnya AKP, seperti dilansir laman Haaretz, Kamis (10/10).

"Operasi militer saat ini masih berlanjut dengan melibatkan semua unit. Sudah 109 teroris tewas sejauh ini," kata Erdogan dalam pidatonya.

Kantor berita pemerintah menyebut milisi Suriah pro-Turki sudah "membersihkan dua desa di perbatasan Suriah dari teror" artinya tidak ada lagi pasukan Kurdi di kedua desa itu.

"Pasukan elit kita yang heroik ambil bagian dalam Operasi Musim Semi Perdamaian dan terus merangsek hingga ke sebelah timur Eufrat," kata pernyataan Kementerian Pertahanan Turki di Twitter hari ini.

Seorang saksi di Kota Akcakale, Turki mengatakan sejumlah roket ditembakkan dari seberang perbatasan menuju ke Tel Abyad, Suriah. Asap membubung dari dua target yang terkena tembakan di sisi wilayah Suriah.

"Operasi Musim Semi Perdamaian akan terus berlanjut sesuai rencana di sepanjang perbatasan" kata Wakil Presiden Fuat Oktay di Twitter. Turki menganggap milisi Kurdi adalah kelompok teroris karena punya kaitan dengan militan Kurdi PKK yang sudah lama merongrong wilayah sebelah tenggara Turki.

Baca juga:
Turki Mulai Operasi Militer di Suriah, Ribuan Warga Mengungsi
Keputusan Trump Serahkan Tahanan ISIS di Suriah Jadi Mimpi Buruk bagi Turki
Mobilisasi Pasukan Militer Turki ke Suriah
AS Mulai Tarik Pasukan dari Perbatasan Turki di Suriah
Turki Segera Luncurkan Operasi Militer di Timur Sungai Efrat Suriah
Jurnalis Peringati Setahun Pembunuhan Jamal Khashoggi

(mdk/pan)