Foto Demonstran Hong Kong Ini Viral karena Dramatisnya Mirip Tragedi Tiananmen

DUNIA | 28 Agustus 2019 07:20 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Sebuah foto dramatis yang dipotret oleh fotografer Lam Yik Fei untuk harian The New York Times viral karena menangkap kejadian seorang polisi yang mengarahkan pistol kepada seorang demonstran Hong Kong yang merentangkan lengan sambil memegang payung.

Foto yang diambil terjadi saat bentrokan antara polisi dan demonstran Hong Kong di daerah Tsuen Wan pada malam Senin, seperti dikutip dari Newsweek (27/8).

Hasil foto itu dibandingkan dengan potret "Manusia Tank" selama protes di Lapangan Tiananmen di Beijing pada tahun 1989 yang bersejarah.

The New York Times melaporkan, selama aksi bentrok terjadi, kerumunan demonstran bersenjata tongkat dan pentungan menyerang sekelompok kecil petugas, yang melawan balik sebelum mundur dan menarik senjata mereka.

Terdapat hasil rekaman video yang mengabadikan bentrokan itu dan menangkap kejadian seorang aparat mengarahkan senjata kepada seorang pria paruh baya memakai kaos di tengah kerumunan demonstran.

Pendemo yang tidak disebutkan namanya itu terlihat berlutut, dan tampaknya memohon kepada petugas untuk tidak menembak, sebelum polisi menendangnya dan mundur lagi.

Yik Fei menyakini pria yang ditendang oleh petugas adalah pria yang ada di dalam foto hasil jepretannya.

┬ęGetty Images

Banyak netizen yang membandingkan foto Yik Fei dengan potret "Manusia Tank" yang ikonik pada 1989 saat Tragedi Tiananmen. Pada waktu itu seorang warga sipil berdiri dengan memegang dua tas belanja di tangan kanan dan kiri mengadang barisan tank yang melintas di selama protes di Lapangan Tiananmen di China. Ribuan orang dilaporkan tewas selama protes Tiananmen.

"Ini bisa menjadi gambar ikon berikutnya seperti yang dari Lapangan Tiananmen," kata seorang pengguna Reddit.

"Reinkarnasi Manusia Tank dari Tiananmen," tulis yang lain.

Reporter Magang: Ellen RiVeren (mdk/pan)

Baca juga:
Beringasnya Demonstran Hong Kong, Rusak MRT sampai Lempar Molotov
Cerita tentang Gas Air Mata Buatan China yang Diminati Negara Arab sampai Venezuela
Polisi Hong Kong Tangkap Pendemo Berusia 12 Tahun
29 Orang Ditangkap pada Aksi Unjuk Rasa di Hong Kong
Polisi Tembaki Demonstran Hong Kong dengan Peluru Karet
Pembebasan Staf Konsulat Inggris Kembali Picu Ketegangan Hong Kong

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.