Gempa Magnitudo 6,6 Guncang Mindanao Filipina Selatan

DUNIA | 29 Oktober 2019 13:26 Reporter : Lia Harahap

Merdeka.com - Gempa bumi dengan magnitudo 6,6 mengguncang Mindanao tengah, Filipina selatan, pukul 09.04 waktu setempat. Guncangan gempa membuat warga panik.

Dikutip dari Antara Selasa (29/10), menurut Lembaga Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs), pusat gempa berada di 26 kilometer timur laut Tulunan, Cotabato.

Tidak ada laporan mengenai korban jiwa maupun kerusakan akibat gempa, namun beberapa gempa susulan diperkirakan bakal terjadi. Phivolcs mengimbau masyarakat di daerah terdampak untuk tetap berada di luar.

Gempa juga dapat dirasakan di sejumlah provinsi dan kota terdekat, termasuk Kota Davao, yaitu kota asal Presiden Rodrigo Duterte sekaligus salah satu kota terpadat di negara tersebut.

Radio DZMM melaporkan saat gempa terjadi, masyarakat berhamburan ke luar ruangan bahkan beberapa orang sempat pingsa. Kabel listrik yang menjuntai juga terlihat bergoyang. Kegiatan belajar mengajar di sekolah juga dihentikan sementara pascagempa.

Awalnya gempa tersebut dilaporkan dengan magnitudo 6,7 oleh Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC).

Gempa kerap melanda Filipina, yang secara geologis terletak di Cincin Api Pasifik yang aktif. Pada 16 Oktober lalu, gempa bermagnitudo 6,4 melanda Mindanao tengah dan menyebabkan lima orang meninggal dan puluhan lainnya terluka. (mdk/lia)

Baca juga:
Guncangan Gempa di Mindanao Filipina Dirasakan Hingga Kepulauan Talaud dan Sangihe
Filipina Diguncang Gempa, Enam Orang Dikabarkan Tewas
Dramatisnya simulasi gempa di Filipina
Keganasan Topan Haiyan seret kapal kargo ke daratan
Yang tersisa dari hantaman dahsyat topan Haiyan di Filipina
Yang tersisa dari gempa dahsyat di Filipina
Korban gempa Filipina bertambah menjadi 93 orang

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.