Gempa Magnitudo 6,8 Guncang Turki Timur, 18 Orang Dilaporkan Tewas

Gempa Magnitudo 6,8 Guncang Turki Timur, 18 Orang Dilaporkan Tewas
DUNIA | 25 Januari 2020 08:31 Reporter : Lia Harahap

Merdeka.com - Gempa dengan magnitudo 6,8 mengguncang Turki Timur pada Jumat malam waktu setempat. Dikabarkan 18 orang tewas dan 500 lainnya mengalami luka-luka.

Pusat gempa berada di Kota Sivrice, Provinsi Elazig Timur, sekitar 500 km dari Ibu Kota Ankara. Setelah gempa pertama, terdapat beberapa gempa susulan.

Menteri Kesehatan Turki, Fahrettin Koca, mengatakan pihaknya dan menteri terkait sedang menuju lokasi gempa untuk memantau langsung proses penyelamatan para korban. Demikian dilansir dari Reuters, Sabtu (25/1).

Menteri Dalam Negeri, Suleyman Soylu, menambahkan sebanyak 30 orang juga masih dilakukan pencarian setelah hilang diduga terjebak di dalam reruntuhan bangunan.

Kantor pemberitaan Turki, TRT, sempat memperlihatkan cuplikan video saat polisi dan regu penyelamat mencari kemungkinan korban pada bangunan yang runtuh di Elazig. Sementera itu, ambulans juga terlihat wara wiri di lokasi mengevakuasi korban. Bahkan drone juga dikerahkan untuk mengamati dari udara pada lokasi-lokasi terdampak gempa.

Soylu menambahkan, pascagempa tersebut akan diberlakukan tanggap bencana nasional. Wilayah Turki, katanya, memang berada di garis seismik sehingga rentan terhadap gempa bumi.

Baca Selanjutnya: Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat...

Halaman

(mdk/lia)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami