Hilal Terlihat di Arab Saudi, Bulan Suci Ramadan Dimulai Selasa

Hilal Terlihat di Arab Saudi, Bulan Suci Ramadan Dimulai Selasa
Suasana Ibadah Umrah Pertama di Tengah Pandemi. ©2020 REUTERS/Yasser Bakhsh
DUNIA | 13 April 2021 09:50 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Hilal Ramadan telah terlihat di Arab Saudi, berarti bulan suci secara resmi akan mulai pada Selasa, 13 April, menurut pengumuman resmi dari Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi.

Penampakan hilal dikonfirmasi oleh sebuah tim pemantau astronomi di sebuah desa kecil Hautat Sudair, berlokasi di pertemuan antara Riyadh, Sudair, dan Qassim, 140 km utara ibu kota Riyadh. Demikian dikutip dari Al Arabiya, Selasa (13/4).

Muslim mengikuti kalender kamariyah atau lunar yang terdiri dari 12 bulan dalam setahun yang berjumlah 354 atau 355 hari. Penampakan sebuah hilal menandai awal Ramadan, bulan kesembilan dalam kalender Hijriah atau kalender Islam.

Sejumlah negara di Timur Tengah juga telah mengumumkan awal Ramadan dimulai pada Selasa. Sebelumnya otoritas keagamaan di Mesir dan Lebanon mengumumkan pada Minggu (11/4), bulan suci Ramadan akan jatuh pada Selasa, 13 April.

“Tanggal 13 April akan menjadi hari pertama Ramadan,” jelas Dar al-Ifta Mesir, lembaga yang menerbitkan fatwa keagamaan di negara tersebut dalam pernyatannya, dikutip dari Al Arabiya, Senin (12/4).

Di Lebanon, ulama ternama Muslim Sunni, Imam Besar Sheikh Abdellatif Deryan juga mengonfirmasi bulan suci Ramadan akan mulai pada Selasa. (mdk/pan)

Baca juga:
Suasana Tarawih 1 Ramadan di Masjid Istiqlal
Selama Ramadan, Ini Jadwal Perubahan Waktu Operasional Tempat Makan di Jakarta
Suasana Salat Tarawih 1 Ramadan
Salat Tarawih di Masjid Agung Solo Dibagi Dua Jemaah, 11 dan 23 Rakaat
Harapan Jokowi di Bulan Ramadan: Semoga Negeri Ini Dijauhkan dari Bencana
Ramadan, Ketua Muhammadiyah Ingatkan Disiplin Prokes saat Ibadah

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami