HUT RI ke-73, Pasukan Perdamaian Indonesia di Libanon balap tarik tank dengan tambang

DUNIA | 17 Agustus 2018 10:54 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pasukan Perdamaian Indonesia Kontingen Garuda UNIFIL (United Nation Interim Force In Lebanon) turut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-73 di markas besar mereka di Lebanon .

Serangkaian kegiatan dan perlombaan khas Indonesia diadakan. Meski cuaca sedang terik, namun pasukan khusus kebanggaan Tanah Air ini tetap semangat dan antusias terlibat dalam sejumlah pertandingan antara lain lomba balap bakiak dan lomba makan kerupuk.

Namun ada satu perlombaan unik dan tak biasa, yakni lomba menarik kendaraan tempur jenis Anoa yang beratnya mencapai 14 ton.

Ada dua tim yang terlibat dalam perlombaan balap tank ini. Masing-masing regu terdiri dari 6 orang. Para peserta harus menarik tank ini sejauh 50 meter menggunakan tali tambang.

pasukan perdamaian indonesia UNIFIL meriahkan HUT RI ke 73.jpg ©screengrab video



Selain perlombaan tersebut, pasukan Garuda juga menggelar kejuaraan futsal pada 1-10 Agustus di lapangan Minifootball Distrik Adchit Alqusayr Lebanon Selatan. Pertandingan ini diikuti oleh 22 tim: 15 tim dari negara partisipan UNIFIL dan 7 tim dari penduduk lokal.

Pertandingan ini dimenangkan oleh tim dari Spanyol Battalion (Spainbatt) usai menekuk tim lokal Gandouriah FC 5-4 lewat drama adu penalti usai keduanya lolos ke babak final.

Ada juga Garuda Run 12K yang diadakan pada Minggu, 12 Agustus 2018. Kegiatan ini diikuti oleh 969 pelari dari berbagai negara. Garis start dan finish bertempat di Markas Indonesian Batalion UNP 7-1 Distrik Adchit Alqusayr.

Para partisipan dilepas secara resmi tepat pukul 07.30 waktu Lebanon oleh Komandan Sektor Timur UNIFIL Brigadir Jenderal Jose Luis Martinez Falero, dengan didampingi oleh Komandan Kontingen Garuda Kolonel Inf. Murbianto dan Dansatgas Indobatt 23L Letkol Inf. Arfan Johan Wihananto.

Dalam event tersebut, Indobatt juga menampilkan atraksi kesenian khas Indonesia antara lain Tarian Perang khas Papua, Tari Tobelo khas Maluku dan atraksi marching band yang dibawakan oleh prajurit Satgas Indonesian Battalion.

Reporter: Afra Augesti

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Warga takjub lihat atraksi Sukhoi dan F-16 di langit Jakarta
HUT RI, pengunjung padati Seaworld di Ancol
HUT RI di markas PDIP dipenuhi pujian untuk kepemimpinan Jokowi
Rayakan HUT RI Ke-73 , Kemenpora gelar upacara bernuansa adat daerah
HUT ke-73 RI, bendera merah putih berkibar di Freeport
Diduga tolak kibarkan merah putih, mahasiswa Papua di Surabaya ditangkap
Beri Bintang Bung Karno kepada Prabowo, Rachmawati pesan jangan salah pilih pemimpin

(mdk/pan)