India Batal Gelar Ujian "Ilmu Sapi" Setelah Silabus Sebut Susu Sapi Mengandung Emas

India Batal Gelar Ujian "Ilmu Sapi" Setelah Silabus Sebut Susu Sapi Mengandung Emas
ilustrasi sapi di india. ©Reuters
DUNIA | 25 Februari 2021 18:09 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Ujian mata pelajaran “ilmu sapi” di seluruh India ditunda setelah mendapat kritik yang meluas terkait penyebaran klaim tak ilmiah tentang hewan tersebut, yang dianggap suci di negara mayoritas Hindu itu.

Komisi Sapi Nasional atau Rashtriya Kamdhenu Aayog (RKA), yang dibentuk pemerintah nasionalis Hindu, rencananya akan melaksanakan ujian online tersebut pada Kamis.

Silabus ujian menuai kontroversi, di mana media melaporkan silabus berisi klaim tak ilmiah seperti susu sapi punya kandungan emas dan gempa bumi disebabkan pemotongan sapi.

“Departemen peternakan hewan pemerintah, di bawah fungsi komisi, menunda ujian tersebut karena kontroversi dan kehebohan terkait silabus,” jelas salah seorang pejabat di komisi tersebut, yang meminta tak disebutkan namanya, dikutip dari Al Jazeera, Kamis (25/2).

“Ujian tersebut adalah gagasan Kepala RKA Vallabhbhai Kathiria yang jabatannya berakhir 20 Februari. Departemen akan mengawasi komisi tersebut sampai kepala baru ditunjuk,” lanjutnya.

Koran The Hindu melaporkan, departemen tersebut membantah ujian tersebut mempromosikan klaim palsu dan pseudosains.
Komisi tersebut tak punya hak untuk melaksanakan ujian semacam itu dan program apapun di masa yang akan datang dilaksanakan berdasarkan “basis ilmiah”, jelas pejabat departemen yang dikutip The Hindu dalam laporannya.

Ujian tersebut, bertujuan mempromosikan dan melindungi sapi, dibuka untuk anak-anak dan orang dewasa termasuk non-penduduk India, dan dilaksanakan di 12 bahasa daerah selain Hindi dan Inggris, menurut para pejabat. (mdk/pan)

Baca juga:
China Tangkap Blogger, Dinilai Hina Tentara yang Tewas Saat Bentrok dengan India
Kata Bos BKPM Soal Tesla Condong Pilih India Investasi Baterai Mobil Listrik
Intip Prajurit Berhijab Afghanistan Latihan Militer di India
China Akhirnya Akui Empat Tentaranya Tewas Ketika Bentrok dengan India di Himalaya
Putri Sopir Bajaj Jadi Runner-Up Miss India 2020, Ini Potret Cantik Manya Singh
7 Resep Masakan India yang Lezat dan Cocok untuk Orang Indonesia, Praktis Dicoba

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami