Indonesia targetkan sumbang pasukan perdamaian terbesar se-Asia

Indonesia targetkan sumbang pasukan perdamaian terbesar se-Asia
DUNIA | 27 Juli 2015 13:00 Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro

Merdeka.com - Pertemuan Pasukan Perdamaian PBB wilayah Asia dan Pasifik dibuka oleh Menteri Luar Negeri Retno L. P. Marsudi. Dalam pidato awalnya, Menlu Retno mengucapkan selamat datang kepada perwakilan pasukan perdamaian PBB di Asia dan Pasifik.

Dalam pidatonya, Indonesia ingin secara aktif berkontribusi menjadi salah satu negara penyumbang pasukan perdamaian terbesar di kawasan Asia dan Pasifik.

"Kita telah mengirimkan kurang lebih 2.800 orang untuk menjadi penjaga perdamaian. Target kita sendiri mencapai 4.000 orang, dan kalau sudah terpenuhi targetnya, kita akan masuk sepuluh besar negara yang berkontribusi aktif di bidang perdamaian dunia," ujar Menlu Retno saat ditemui di Hotel Fairmont, Jalan Asia Afrika, Jakarta Selatan, Senin (27/7).

Dalam acara tersebut hadir pula Mantan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta, yang juga merupakan Mantan Kepala Sekretaris Umum PBB bidang Perdamaian. Selain itu ada juga perwakilan PBB di bidang Keamanan, Atul Khare.

Pertemuan di Indonesia kali ini juga merupakan pertemuan sebelum perhelatan besar pasukan keamanan PBB pada September nanti di New York, Amerika Serikat. Pertemuan tersebut akan dihadiri para perwakilan pasukan perdamaian PBB internasional dari empat wilayah yaitu Eropa, Afrika, Amerika, dan Asia Pasifik. (mdk/rep)

Baca juga:

Indonesia siapkan 4.000 personel penjaga perdamaian

Kebersamaan pasukan Garuda rayakan Idul Fitri di Lebanon

Aksi Pasukan Garuda dan panser Anoa membelah Afrika

Misi kemanusiaan pasukan Garuda obati penyakit warga Darfur

Aksi Pasukan Garuda TNI di Darfur dipuji Syeikh Ayub

Aksi-aksi Pasukan Garuda menuai simpati masyarakat di daerah konflik

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami