Inggris Mulai Pasok Senjata Anti Tank ke Ukraina untuk Antisipasi Serangan Rusia

Inggris Mulai Pasok Senjata Anti Tank ke Ukraina untuk Antisipasi Serangan Rusia
Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace di Downing Street, London. ©Toby Melville/Reuters
DUNIA | 18 Januari 2022 15:15 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Inggris menyampaikan pada Senin, pihaknya mulai memasok senjata anti tank ke Ukraina untuk membantu negara itu membela diri dari potensi invasi atau serangan, di tengah kebuntuan konflik dengan Rusia yang mengerahkan tentara di dekat perbatasan Ukraina.

Negara-negara Barat menyampaikan, mereka takut Rusia mempersiapkan dalih untuk serangan baru terhadap Ukraina, yang pernahd diinvasi pada 2014.

Moskow membantah rencana serangan apapun, tapi mengatakan pihaknya bisa mengambil tindakan militer kecuali Barat sepakat memenuhi permintaannya, termasuk melarang Ukraina bergabung dengan NATO. Perundingan pekan lalu tidak mencapai kesepakatan apapun. Kyiv telah meminta bantuan senjata negara-negara Barat untuk melindungi diri.

"Kami telah mengambil keputusan untuk memasok Ukraina dengan sistem senjata pertahanan anti tank ringan," jelas Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace kepada parlemen, dikutip dari Reuters, Selasa (18/1).

Wallace mengatakan, sistem persenjataan pertama telah dikirim pada Senin dan sejumlah kecil anggota militer Inggris akan memberikan pelatihan dalam waktu singkat.

Wallace tidak menyebutkan secara spesifik jumlah atau tipe senjata yang dikirim.

"Bukan senjata strategis dan tidak membahayakan Rusia. Mereka digunakan untuk pertahanan diri," jelasnya.

"Ini adalah (senjata) jarak dekat tapi walaupun demikian akan membuat orang berhenti dan berpikir apa yang mereka lakukan dan jika tank dilontarkan ke Ukraina, menginvasinya, mereka bisa menjadi bagian mekanisme pertahanan," lanjutnya.

Menteri Pertahanan Ukraina, Oleksii Reznikov menyambut baik pengumuman Wallace.

"Ukraina sangat mengapresiasi keputusan Inggris untuk memberikan paket keamanan baru dengan sistem persenjataan pertahanan ringan, anti tank," jelasnya.

Inggris sebelumnya mewanti-wanti Rusia konsekuensi berat jika mereka meluncurkan serangan militer ke Ukraina, sembari menawarkan bantuan keuangan untuk meningkatkan kemampuan angkatan laut Ukraina.

Wallace mengatakan dia telah mengundang Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu untuk melawat ke London dalam beberapa pekan ke depan untuk membahas krisis Ukraina, walaupun dia tidak tahu apakah Rusia menerima undangan tersebut.

Baca juga:
Fenomena Bulan 'Serigala' di Inggris
PM Inggris Minta Maaf karena Hadiri Pesta Saat Lockdown karena Covid-19
Perempuan Ini Jelajahi Antartika Sendirian Jalan Kaki 40 Hari dalam Suhu Minus 50 C
Peta Kekuatan Negara-Negara yang Memiliki Senjata Nuklir di Dunia
Hannad Al Rasyid Berhasil Tembus Film Inggris, Begini Cerita di Baliknya
Kabar Baik Bagi Dunia, Lima Negara Super Power Sepakat Hindari Perang Nuklir

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami