Inggris Mulai Uji Pil Covid-19 Molnupiravir Bulan Ini

Inggris Mulai Uji Pil Covid-19 Molnupiravir Bulan Ini
molnupiravir. ©Twitter
DUNIA | 8 November 2021 09:12 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Inggris akan mulai meluncurkan pil antivirus COVID-19 molnupiravir melalui sebuah pengujian obat akhir bulan ini, kata pejabat kesehatan pada Minggu.

Pekan lalu Inggris menjadi negara pertama yang mengizinkan obat COVID-19 itu, yang dikembangkan oleh perusahaan AS Merck & Co Inc dan Ridgeback Biotherapeutics.

"Ini adalah kabar baik dan itu (molnupiravir) akan mulai diluncurkan melalui pengujian obat pada akhir bulan ini atau awal Desember," kata Susan Hopkins, Kepala Penasihat Medis di Badan Keamanan Kesehatan Inggris, seperti dilansir laman Antara mengutip Reuters, Minggu (7/11).

Dia mengatakan semua pengujian sejauh ini dilakukan pada orang yang belum divaksin, sehingga pengujian di Inggris akan membantu memahami efektivitas obat tersebut pada populasi yang sudah divaksin.

Pemerintah Inggris pada Oktober mengatakan telah mengamankan 480.000 paket obat anti COVID-19 Merck dan 25.000 paket obat serupa yang dikembangkan Pfizer Inc.

"Obat baru buatan Pfizer itu mungkin belum akan diizinkan hingga sekitar pergantian tahun," kata Hopkins. "Kemungkinan masih beberapa bulan lagi."

Baca juga:
Inggris Jadi Negara Pertama di Dunia Setujui Penggunaan Pil Covid Buatan Merck
Yayasan Bill Gates Sumbang Rp1,6 Triliun untuk Beli Pil Covid Bagi Negara Miskin
Merc & Co Ajukan Izin Penggunaan Darurat Pil Covid-19 Molnupiravir di AS
Malaysia Beli 15.000 Paket Pil Antivirus Covid-19 dari Merck & Co

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami