Ini profil singkat chef populer Anthony Bourdain yang tewas bunuh diri

Ini profil singkat chef populer Anthony Bourdain yang tewas bunuh diri
DUNIA | 8 Juni 2018 22:50 Reporter : Dedi Rahmadi

Merdeka.com - Chef populer sekaligus sahabat Barack Obama, Anthony Bourdain, dilaporkan tewas bunuh diri di kamar hotelnya di Paris, Prancis, pada Jumat pagi (8/6/2018). Pria yang dikenal luas melalui acara perjalanan kuliner bertajuk Parts Unknown, yang disiarkan oleh stasiun televisi CNN, meninggal di usia 61.

Lalu, siapa sebenarnya koki ternama tersebut? Dikutip dari Biography.com, Anthony Bourdain memutuskan untuk tak lagi menjadi koki dan memilih menjadi penulis buku. Ia juga memandu sebuah acara pribadi, sehingga masih bisa menyalurkan hobi memasaknya di situ.

Latar Belakang dan Karier

Lahir pada 25 Juni 1956, di New York City, Anthony Bourdain dibesarkan di New Jersey, mengembangkan minat dan bakatnya pada sastra dan musik rock.

Ibunya adalah seorang penyunting naskah dan ayahnya adalah seorang produser eksekutif musik. Bourdain mengenyam pendidikan di Vassar College selama dua tahun dan kemudian lulus dari Culinary Institute of America pada 1978.

Masa muda Bourdain sempat kelam, ia mengaku pernah kecanduan narkoba. Tapi ia bisa lepas dari belenggu dunia hitam. Setelah sadar, ia mulai merintis karier di dapur restoran-restoran di New York seperti Supper Club, One Fifth Avenue, dan Sullivan. Ia menjadi koki eksekutif di Brasserie Les Halles pada tahun 1998.

Menulis Kuliner

Pada 1997, The New Yorker menerbitkan artikel Bourdain yang berjudul "Don't Eat Before Reading This", sebuah pandangan yang mengulas tentang cara kerja dalam restoran, khususnya dapur.

Dengan kredibilitasnya sebagai koki terkenal, artikel itu memuat dinilai sangat berbobot dan mengarah ke proyek penulisan lainnya. Pada tahun 2000, buku terlarisnya, Kitchen Confidential: Adventures in the Culinary Underbelly, menjadi populer.

Diikuti buku A Cook's Tour: Global Adventures in Extreme Cuisines, yang mengupas mengenai makanan eksotis dan eksploitasi perjalanannya di seluruh dunia, pada 2001. Buku ini ditulis sehubungan dengan serial TV pertamanya, A Cook's Tour, yang memulai debutnya setahun kemudian dan ditayangkan sampai 2003.

Tahun 2000-an: Kesuksesan di TV dan Lebih Banyak Lagi Penjualan Buku

Pada 2002, Anthony Bourdain memulai tur dua musimnya untuk acara khusus kuliner A Cook's Tour, seri yang menampilkan Bourdain menjelajahi dunia, mencari petualangan kuliner.

Pada tahun 2004, Bourdain merilis buku masak Anthony Bourdain’s Les Halles Cookbook: Strategies, Recipes, and Techniques of Classic Bistro Cooking, dan pada tahun 2006, The Nasty Bits. Kedua buku itu menjadi buku terlaris versi New York Times.

Pada tahun 2005, Bourdain menayangkan seri Travel Channel barunya, Anthony Bourdain: No Reservations, yang mengeksplorasi tema serupa dengan A Cook's Tour.

Acara ini berlangsung selama sembilan musim, berakhir pada 2012, dan menarik animo penonton yang luas, memenangkan dua Penghargaan Emmy Primetime untuk sinematografinya.

Sedagkan pada 2005, saking tenarnya Kitchen Confidential, Fox menayangkan sitkom singkat berdasarkan buku tersebut. Karakter "Jack Bourdain" secara longgar didasarkan pada Anthony dan digambarkan oleh aktor yang sedang naik daun Bradley Cooper.

Kehidupan Pribadi

Telah menikah sebelumnya selama hampir dua dekade, pada 2007 Bourdain mempersunting ahli jujitsu Ottavia Busia. Pasangan ini dikaruniai seorang anak perempuan.

Pada bulan September 2016, Bourdain dan Busia mengumumkan perceraian mereka dengan alasan bahwa keputusan mereka bersifat timbal balik. Keduanya tetap bersahabat.

Kematian

Bourdain ditemukan tewas di kamar hotelnya di Strasbourg, Prancis, pada 8 Juni 2018. Kematiannya diduga bunuh diri.

"Dengan kesedihan yang luar biasa, kami dapat mengkonfirmasi kematian teman dan kolega kami, Anthony Bourdain," kata CNN dalam sebuah pernyataan Jumat pagi.

"Kecintaannya akan petualangan hebat, teman-teman baru, makanan dan minuman, serta kisah-kisah luar biasa dunia membuatnya menjadi pendongeng yang unik. Bakatnya tidak pernah berhenti membuat kami takjub dan kami akan sangat merindukannya. Kami turut berbela sungkawa, doa kami untuk putrinya dan keluarga." (mdk/ded)


Kisah lucu saat Chef Anthony Bourdain makan di restoran Padang
Chef terkenal Anthony Bourdain ditemukan tewas bunuh diri
Tas rancangan Kate Spade yang jadi incaran selebriti dunia
Album Jonghyun SHINee akan dirilis, keuntungan untuk ibu dan yang membutuhkan
Kasus pelecehan mendiang aktris 'Boys Before Flowers' diinvestigasi ulang
Mantan trainee idol Korea ditemukan saat berusaha bunuh diri

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami