Iran Tangkap 17 Warga Dituding Mata-mata CIA

DUNIA | 22 Juli 2019 15:53 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Kementerian Intelijen Iran mengumumkan aparat sudah menangkap 17 warga Iran yang dituduh menjadi mata-mata Badan Intelijen Amerika Serikat, CIA.

Dokumen dari Kementerian Intelijen yang dikirimkan kepada CNN mengklaim Iran berhasil memutus jaringan mata-mata CIA dan menangkap 17 tersangka yang kesemuanya mengaku sebagai mata-mata bagi CIA.

"Para tersangka yang sedang dipenjara menyebut mereka dijanjikan oleh CIA kesempatan untuk beremigrasi ke Amerika Serikat, mendapat pekerjaan di AS, dan uang," kata pernyataan dokumen Kementerian Intelijen Iran, seperti dilansir laman CNN, Senin (22/7).

Tugas para telik sandi itu, kata dokumen kementerian, adalah mengumpulkan informasi rahasia 'dari sumber penting serta operasi teknis intelijen'.

Kementerian Intelijen mengatakan ke-17 orang itu akan dihukum mati.

Dalam tajuk 'Nasib Mata-mata' Kementerian Intelijen mengatakan 'para individu yang secara sadar dan sengaja mengkhianati negara dan menolak memberi kompensasi atas kerugian negara sudah diserahkan ke pengadilan. Bagi yang lain yang secara jujur mau bekerja sama dengan sistem keamanan dan penyesalannya sudah terbukti kini sudah diberi arahan intelijen untuk melawan Amerika.'

CNN sudah menghubungi CIA untuk dimintai tanggapan.

Baca juga:
Inggris Desak Pembebasan Kapal Tanker Ditahan Iran
Iran Bantah Dronenya Ditembak Jatuh oleh AS
AS Klaim Tembak Jatuh Drone Iran di Selat Hormuz
Saudi Serukan Umat Islam Hindari Politisasi dalam Ibadah Haji
Intip Gaya Latihan Militer Pejuang Kurdi di Irak
Tanda-tanda Memudarnya Kekuatan Amerika di Berbagai Belahan Dunia

(mdk/pan)