Iran tangkap 4 orang diduga anggota ISIS

DUNIA | 17 Juli 2018 18:30 Reporter : Farah Fuadona

Merdeka.com - Pasukan keamanan di bagian barat daya Iran telah menangkap empat orang yang diduga merupakan bagian dari jaringan ISIS dan sedang merencanakan penyerangan, kata Menteri Intelejen Mahmoud Alavi.

"Tim ini punya maksud menebar benih kehancuran di kawasan-kawasan tertentu, tetapi operasi itu belum sempat dilakukan karena pasukan keamanan bergerak tepat pada waktunya," demikian kantor berita Tasnim yang mengutip Menteri Alavi.

ISIS yang beraliran Sunni, berdasarkan ideologi mereka memandang kaum Syiah sebagai orang-orang yang murtad. Tahun lalu para anggotanya melancarkan serangan-serangan terhadap gedung parlemen di Teheran dan musoleum pendiri revolusi Iran Ayatullah Ruhollah Khomeini, membunuh sedikitnya 10 orang.

Kelompok tersebut dipimpin seorang pria yang saudaranya tewas ketika bertempur untuk ISIS di Suriah, kata Alavi.

Secara terpisah, tiga tersangka militan Islam dan seorang anggota pasukan keamanan tewas ketika mereka bentrok pada Sabtu di bagian barat laut Iran, demikian ujar Garda Revolusi. (mdk/frh)

Baca juga:
Lagi, Bahrun Naim dikabarkan tewas di Suriah
Media propaganda ISIS sebut putra Abu Bakar al Baghdadi tewas dalam pertempuran
Polisi sebut 3 terduga teroris di Bandung Barat diduga berkaitan dengan ISIS
BNPT pantau ratusan WNI pulang dari Suriah, dari tempat tinggal sampai pergaulan
Masuk jaringan ISIS, mahasiswi IAIN Tulungagung dideportasi dari Suriah
Temukan tulisan 'Coming Soon ISIS' di Sukoharjo, Polda Jateng waspada

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.