Iran Tangkap 8 Orang Diduga Terkait CIA karena Dianggap Picu Demo Rusuh

DUNIA | 29 November 2019 13:13 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Kantor berita pemerintah Iran, IRNA dua hari lalu melaporkan, aparat keamanan menangkap delapan orang yang diduga terkait dengan Badan Intelijen Amerika Serikat (CIA) yang dianggap memicu unjuk rasa menentang kenaikan harga BBM yang berujung kerusuhan pekan lalu.

"Elemen-elemen ini menerima pelatihan yang didanai CIA di sejumlah negara dengan kedok menjadi jurnalis-warga," kata IRNA mengutip pernyataan kantor Kementerian Intelijen, seperti dilansir laman Aljazeera, Rabu (27/11). "Enam orang ditangkap ketika ikut berunjuk rasa dan sedang menjalankan perintah (CIA) dan dua lagi sedang berusaha mengirim informasi ke luar negeri."

Pemimpin spiritual tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei menyebut kerusuhan selama dua pekan terakhir sebagai aksi "konspirasi yang sangat berbahaya".

"Rakyat menggagalkan konspirasi yang sangat berbahaya dijalankan dengan uang yang sangat banyak untuk membuat kerusakan, kejahatan keji dan membunuh orang," ujar Khamenei.

Pemimpin spiritual Iran itu berbicara dalam pertemuan dengan Basij, milisi setia kepada pemerintah Iran. Sukarelawan Basij dari Pasukan Garda Revolusi membantu meredam kerusuhan dalam unjuk rasa itu.

1 dari 1 halaman

Jumlah Korban Tewas Tidak Diungkap

Pemerintah Iran sejauh ini belum menyampaikan data berapa korban tewas dan luka dalam unjuk rasa berujung kerusuhan sejak 15 November lalu itu.

Organisasi pembela hak asasi Amnesty International mengatakan kekerasan dalam unjuk rasa itu menewaskan sedikitnya 143 orang. Iran sudah membantah tanpa memberi bukti.

Human Rights Watch Rabu lalu menuding pemerintah Iran menutup-nutupi jumlah korban dalam kerusuhan. (mdk/pan)

Baca juga:
Iran Bantah Laporan Amnesty Soal Jumlah Korban Tewas karena Demo 106 Orang
Rouhani Tuding AS, Israel, dan Saudi Dalang Kerusuhan dalam Demo Kenaikan BBM di Iran
Amnesty Internasional Ungkap 106 Tewas dalam Unjuk Rasa Kenaikan Harga BBM di Iran
Bocoran Kabel Intelijen Ungkap Pengaruh Kuat Iran dalam Pemerintahan Irak
12 Anggota Garda Revolusi Iran Tewas Terkena Ranjau Darat di Suriah
Usai Antar Kosmetik ke Dubai, Kapal Berbendera Iran Kehabisan BBM di Selat Malaka

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.