Jack Ma Sumbang 1 Juta Masker dan 500.000 Alat Tes Virus Corona ke Amerika

Jack Ma Sumbang 1 Juta Masker dan 500.000 Alat Tes Virus Corona ke Amerika
DUNIA | 16 Maret 2020 17:02 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Miliuner China dan pendiri Alibaba, Jack Ma mengatakan akan menyumbang 500.000 alat tes virus corona dan 1 juta masker ke Amerika Serikat (AS).

Jack Ma menuturkan, peralatan tes dan masker siap dikirim. Hal itu disampaikan melalui media sosial Weibo, dikutip dari CNN, Senin (16/3).

"Menggambarkan pengalaman negara saya, kecepatan dan akurasi tes dan peralatan perlindungan personel yang cukup untuk ahli medis sangat efektif untuk mencegah penyebaran virus," kata dia.

"Kami harap sumbangan ini bisa membantu warga Amerika melawan pandemi," imbuhnya.

Tawaran Jack Ma untuk menyumbang ini muncul setelah Presiden A,S, Donald Trump mengumumkan keadaan darurat nasional dan mengeluarkan USD 50 miliar sumber daya federal untuk memerangi virus corona di tengah kritik kelambanan pemerintah dalam menanggapi dan melakukan tes virus corona ketika penyakit itu menyebar dari Asia ke pantai-pantai Amerika.

1 dari 1 halaman

Jack Ma juga menyumbangkan 1 juta masker ke Jepang pada 2 Maret dan berupaya mengirim 1 masker ke Iran pada 6 Maret menurut unggahannya di Weibo.

Pada unggahan 11 Maret dia menulis 1,8 juta masker dan 100.000 alat tes akan dikirim ke Eropa dengan gelombang pertama tiba di Belgia pekan ini. Dia juga mengungkapkan rencana menyumbang ke Italia dan Spanyol, dua negara Eropa yang juga dilanda wabah.

Cina adalah negara pemasok terbesar masker. Ketika krisis virus Corona di Cina meningkat pada Januari negara itu membatalkan ekspor masker ke seluruh dunia sembari menganggarkan pembelian masker dari berbagai negara.

Beberapa pengamat menilai sumbangan Jack Ma bisa dinilai untuk menunjukkan kekuasaan

Di akhir pernyataannya, Jack Ma mengutip slogan dari pendiri Amerika, Benjamin Franklin: "Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh." (mdk/pan)

Baca juga:
Seleb Korea Sumbang Ratusan Juta untuk Korban Corona, Netizen Sindir Artis Indo
Arab Saudi Tutup Mal, Larang Restoran, dan Kafe Beroperasi
Pemkot Kediri Liburkan Sekolah dan Bentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19
Masjid Al-Aqsa di Yerussalem Ditutup untuk Cegah Penyebaran Virus Corona
Warga Italia Kompak Bernyanyi dari Balkon Apartemen, Saling Menyemangati Saat Isolasi
Aktris Film James Bond Positif Corona, Olga Kurylenko Mengisolasi Diri

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Putar Otak Bisnis Ritel Hadapi Corona

5