Janji PM India Narendra Modi akan Siapkan Vaksin Virus Corona untuk Semua Kalangan

Janji PM India Narendra Modi akan Siapkan Vaksin Virus Corona untuk Semua Kalangan
DUNIA | 28 September 2020 07:26 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Perdana Menteri India, Narendra Modi berjanji saat berpidato di PBB, kapasitas vaksi negaranya akan dibuat tersedia secara global untuk melawan krisis virus corona.

"Sebagai negara produksi vaksin terbesar di dunia, saya ingin memberi satu kepastian kepada masyarakat dunia hari ini," ujarnya dalam pidato rekamannya dalam Sidang Umum PBB, dilansir Aljazeera, Minggu (27/9).

"Produksi vaksin India dan kapasitas pengirimannya akan digunakan untuk membantu seluruh kemanusiaan dalam melawan krisis ini," lanjutnya.

Modi melontarkan janji tersebut kendati India tengah berjuang mengatasi penyebaran virus corona, yang telah menginfeksi 5,9 juta warganya dan lebih dari 93.000 orang meninggal dunia - kasus kematian tertinggi ketiga di dunia.

Modi menyampaikan, India telah bergerak maju dengan fase tiga uji coba kilinis - uji coba skala besar yang dianggap sebagai standar emas untuk menentukan keamanan dan keampuhan - dan akan membantu semua negara meningkatkan rantai dan kapasitas penyimpanan untuk pengiriman vaksin.

Sekjen PBB, Antonio Guterres telah menekankan terkait "vaksin masyarakat" yang tersedia dan terjangkau di manapun dan mengungkap perhatiannya pada Selasa bahwa beberapa negara "dilaporkan membuat perjanjian sebelah pihak secara ekslusif untuk populasinya."

"Vaksinasi seperti itu tidak hanya tidak adil, tapi juga merugikan diri sendiri. Tidak ada dari kita yang aman sampai kita semua aman. Semua orang tahu itu," tegas Guterres dalam Sidang Umum PBB.

Baca Selanjutnya: Perdana Menteri Australia Scott Morrison...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami