Jet tempur Italia jatuh saat aksi akrobat, satu tewas

DUNIA | 25 September 2017 11:05 Reporter : Aryo Putranto Saptohutomo

Merdeka.com - Sebuah jet tempur jatuh di laut saat memperagakan manuver di udara dalam pagelaran Italia Air Show. Dalam kecelakaan itu, sang pilot tewas.

Dilansir dari laman Mirror, Senin (25/9), peristiwa itu diabadikan dalam rekaman video diambil oleh para penonton di darat. Insiden itu terjadi di wilayah perairan dekat Kota Terracina, berjarak 48 kilometer di selatan Ibu Kota Roma, Italia.

Pesawat tempur nahas itu adalah jenis F-2000A Typhoon buatan Eurofighter milik Angkatan Udara Italia. Ketika insiden, burung besi seharga Rp 2 triliun itu dikemudikan oleh Kapten Pilot Gabriele Orlandi (36).

Mulanya, Orlandi melakukan manuver loop. Namun, ketika pesawatnya hendak turun ternyata jaraknya tidak mencukupi dan langsung jatuh ke laut.

Orlandi tidak sempat menyelamatkan diri menggunakan kursi lontar dan tewas dalam kecelakaan itu. Jasad sang pilot ditemukan tim penyelamat sekitar 90 menit kemudian.

Padahal, istri dan orang tua mendiang Orlandi saat itu turut menyaksikan aksi akrobat pesawat tempur. Mereka tersentak ketika jet tempur itu mendadak jatuh.

Menteri Pertahanan Italia, Roberta Pinotti, menyatakan turut berbela sungkawa atas kejadian itu. Insiden itu kini diusut oleh Angkatan Udara Italia.

Aksi jet tempur TNI AU dan Singapura bermanuver di perbatasan

Di tengah teror balistik Korut, AS terbangkan Bomber dan F-35 di langit Korsel

Aksi jet tempur Pakistan pamer kekuatan saat hari kemerdekaan

Intip perakitan pesawat tempur Republik Ceko

Mendarat di pantai, pesawat ini lindas dua wisatawan hingga tewas

(mdk/ary)