Kapal Perang Terbaru Rusia Akan Dilengkapi Rudal Hipersonik

DUNIA | 10 Desember 2019 14:43 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Presiden Serikat Korporasi Pembuatan Kapal Rusia Alexei Rakhmanov kemarin mengumumkan kepada wartawan, semua proyek jet tempur terbaru Rusia akan dilengkapi rudal hipersonik Tsirkon.

"Semua proyek pembuatan kapal baru yang kita bangun bisa memuat semua jenis rudal dari peluncurnya, termasuk, yang Anda sebut tadi," kata Rakhmanov menjawab pertanyaan tentang kapal perang Angkatan Laut Rusia yang dilengkapi rudal dan senjata hipersonik Tsirkon, seperti dilansir laman Al Masdar, Selasa (10/12).

Rakhmanov juga mengungkapkan, pemasangan rudal-rudal baru di kapal perang Rusia tidak akan menjadi masalah. Selain itu, kapal perang yang sudah tua tampaknya tidak akan dilengkapi rudal hipersonik Tsirkon.

Menteri Pertahanan Sergei Shoigu kemarin dalam jumpa pers mengatakan Angkatan Laut Rusia akan menambah jumlah kapal perang yang mampu memuat rudal hipersonik Tsirkon.

1 dari 1 halaman

Tidak Mampu Dilumpuhkan Sistem Pertahanan Udara Manapun

Pada pidato kenegaraan di Majelis Federal 20 Februari lalu Presiden Vladimir Putin mengatakan pembuatan rudal hipersonik Tsirkon tengah berjalan sesuai jadwal. Menurut Putin, rudal Tsirkon mampu mencapai kecepatan 9 Mach dan daya jangkaunya melebihi 1.000 kilometer. Rudal itu juga mampu menghancurkan target baik di laut dan di darat. Sejumlah ahli mengatakan rudal Tsirkon hingga kini tidak mampu dilumpuhkan oleh sistem pertahanan udara mana pun.

Sumber di industri pertahanan mengatakan kepada kantor berita TASS pada akhir 2018 lalu, lebih dari 10 rudal Tsirkon sudah diluncurkan dan mengenai target yang berjarak beberapa ratus kilometer. Menurut laporan media, peluncuran rudal Tsirkon dari kapal itu dilakukan pada 2016, 2017, dan 2018.

Kapal perang dan kapal selam Rusia yang belum lama ini sudah dipersenjatai dengan rudal Kalibr atau Oniks akan dilengkapi juga dengan Tsirkon. Wakil Menteri Pertahanan Rusia Alexei Krivoruchko mengatakan pada 8 November lalu, ada rencana mengerahkan rudal Tsirkon di kapal perang Laksamana Shaposhnikov dan Proyek 949A kapal selam Irkutsk bertenaga nuklir. Sebelumnya Putin pernah menyebut kapal perang Gremyashchiy kemungkinan akan dipersenjatai dengan rudal Tsirkon. (mdk/pan)

Baca juga:
Ketika 60 Beruang Kutub Kepung Sebuah Desa di Rusia
Hidup Sederhana Bersahaja, Wali Kota Rusia Ini Disukai Warganya
Usai Bunuh Pacar, Profesor di Rusia Simpan Potongan Lengan dalam Koper
Serunya Keliling Naik Kereta Uap Mungil di Rusia
Sederet Keraguan Seputar Kematian Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.