Kasus Virus Corona di China Meningkat, Dua Kasus Ditemukan di Vietnam

DUNIA | 24 Januari 2020 12:25 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Virus corona baru yang ditemukan Desember 2019 di Wuhan, China kini telah menyebar ke sejumlah negara seperti Amerika Serikat (AS), Rusia, dan sejumlah negara di Asia Tenggara. Saat ini di China, jumlah temuan kasus warga yang terjangkit wabah ini mencapai 835 orang termasuk juga di Taiwan, Macau, dan lima kasus ditemukan Hong Kong.

Saluran Televisi China Global (CGTN) mengunggah di Twitter resminya terkait jumlah kasus terbaru ini.

"Ada 25 kematian dan 1.072 kasus dugaan (terjangkit virus corona)," tulisnya, dikutip Jumat (24/1).

CGTN juga menyatakan dua kasus virus corona ditemukan di Vietnam dan satu kasus di Singapura. Selain itu satu orang juga terjangkit di AS dan Korea Selatan.

Sementara itu di Thailand ada tiga orang tapi telah sembuh. Begitu juga dengan satu kasus di Jepang, pasien tersebut dinyatakan sembuh.

1 dari 1 halaman

Otoritas kesehatan China pada hari Kamis mengkonfirmasi kasus pneumonia yang disebabkan virus corona baru pada individu yang tidak pernah memiliki catatan pernah berkunjung ke Wuhan. Virus ini pertama kali ditemukan di kota tersebut.

Komisi Kesehatan Nasional (NHC) juga melaporkan peningkatan kasus tanpa melalui paparan dari Pasar Grosir Seafood Huanan, Wuhan. Awalnya diyakini sebagian besar kasus yang terinfeksi karena terpapar dari pasar tersebut. Demikian dikutip dari Xinhua, Jumat (24/1).

Lembaga medis harus mengatur para ahli untuk mengadakan konsultasi kelompok dalam waktu dua jam setelah menemukan dugaan kasus infeksi virus corona, menurut diagnosis baru dan rencana perawatan yang dikeluarkan NHC.

Rencana tersebut juga memerlukan deteksi patogen instan jika kasus yang dicurigai tidak dapat dikonfirmasi sebagai pneumonia umum. (mdk/pan)

Baca juga:
Satu Orang Diduga Terjangkit Virus Corona Dirawat di RSPI Sulianti Saroso Jakut
Ini Pasar Ikan di Wuhan yang Jadi Awal Mula Penyebaran Virus Corona
Positif, Singapura Mulai Terjangkit Virus Corona dari Wuhan
Antisipasi Virus Corona, Maskapai Indonesia Tak Layani Penerbangan ke Wuhan
Waspada Virus Corona, Bandara Adi Soemarmo Pasangan Thermal Scanner
Perlawanan Anak Muda China di Dunia Maya dalam Isu Wabah Virus Corona

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.