Kasus Virus Corona di India Tembus 2 Juta Lebih

Kasus Virus Corona di India Tembus 2 Juta Lebih
DUNIA | 7 Agustus 2020 15:47 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Kasus virus corona di India telah melampaui angka 2 juta, capaian suram lainnya dalam pandemi yang telah menewaskan lebih dari 41.000 orang di negara terpadat kedua di dunia itu.

Kementerian Kesehatan India pada Jumat menyampaikan 62.538 kasus yang merupakan peningkatan kasus tertinggi harian dilaporkan dalam waktu 24 jam terakhir, sehingga total kasus infeksi sebanyak 2,3 juta. Selain itu, 886 kasus kematian baru dilaporkan sehingga total kematian mencapai 41.585 kasus. Demikian dilansir Aljazeera, Jumat (7/8).

Banyak pakar yang meragukan data pemerintah. Mereka mengatakan angka sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi. India adalah negara ketiga dunia dengan kasus tertinggi setelah Amerika Serikat dan Brasil.

Negara di Asia Selatan itu dengan populasi 1,3 miliar penduduk mencatat angka kematian terbanyak kelima dan tingkat kematian sekitar 2 persen jauh lebih rendah daripada negara-negara lain yang paling terpukul pandemi virus corona. Angka di AS adalah 3,3 persen dan 3,4 persen di Brasil, berdasarkan data Universitas Johns Hopkins.

Kementerian Kesehatan melaporkan angka pasien sembuh meningkat.

Kasus mengalami lonjakan setelah pemerintah India mencabut lockdown, berharap bisa mendorong sektor perekonomian. Pemerintah India memproyeksikan penurunan pertumbuhan ekonomi di 2020.

Beberapa pemerintah negara bagian di India kembali menerapkan lockdown saat kasus infeksi melonjak.

Baca Selanjutnya: India telah meluncurkan dua calon...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami