Kebakaran Hotel di New Delhi, 17 Orang Tewas
DUNIA | 12 Februari 2019 16:05 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Kebakaran di Hotel Arpit Palace, New Delhi, India menewaskan 17 orang. Hotel yang berada di pusat kota yang padat itu terbakar pada Selasa (12/2) dini hari.

Pasukan pemadam kebakaran dan petugas ke polisian mengatakan jumlah korban tewas telah meningkat dari sembilan menjadi setidaknya 17 orang, dengan empat lainnya menderita luka-luka. Gambar dan video yang diunggah di media sosial menunjukkan asap tebal dan api mengepul keluar dari lantai paling atas hotel.

Setelah operasi pemadaman selama berjam-jam, petugas pemadam kebakaran berhasil menyelamatkan 35 orang dari hotel, yang sebagian besar dilalap api. Di antara mereka yang diselamatkan adalah Sivanand Chand (43) seorang tamu hotel yang tersentak bangun sekitar jam 4 pagi, berusaha untuk bernapas.

"Ketika saya keluar kamar, saya mendengar 'tolong, tolong!' dari kamar sebelah, "Chand mengatakan kepada kantor berita The Associated Press, dilansir dari Al Jazeera. Chan mengatakan saat membuka jendela, dia melihat nyala api membubung sangat cepat.

"Dalam 15 menit, seluruh ruangan menjadi hitam," katanya.

Evakuasi memakan waktu sekitar 30 menit karena tangga pemadam kebakaran awalnya tidak bisa menjangkau lantai atas hotel. Korban yang terluka dibawa ke rumah sakit terdekat namun belum diketahui kondisinya.

Wakil komisaris polisi, Mandeep Singh Randhawa mengatakan pihak berwenang masih menyelidiki pemicu kebakaran. Hotel ini berlokasi di Karol Bagh, sebuah kawasan yang penuh dengan toko dan hotel bertarif murah yang populer di kalangan wisatawan.

Kebakaran yang tidak disengaja sering terjadi di seluruh India karena standar keselamatan yang buruk dan lemahnya penegakan hukum. Pada bulan Desember, enam orang tewas saat api membakar sebuah rumah sakit di Mumbai, ibukota negara bagian Maharashtra barat.

Pada 2017, 14 orang tewas saat kebakaran melanda sebuah restoran yang cukup populer di Mumbai.

Baca juga:
Polisi India Buru Pencuri 40 Truk Berisi Kotoran Sapi Senilai Rp 24 Juta
Kereta Api Ekspres Terguling di India, 6 Penumpang Tewas
India Desak Pembebasan Siswanya yang Ditahan di AS
Momen Mencekam Saat Macan Tutul Serang Desa di India
Pesawat Tempur India Jatuh dan Terbakar, Dua Pilot Tewas
Ibu di India dan Empat Anaknya Dibunuh karena Dituduh Penyihir

(mdk/noe)

TOPIK TERKAIT