Kekhawatiran AS dan Negara Barat Soal Penanganan Corona di Indonesia

Kekhawatiran AS dan Negara Barat Soal Penanganan Corona di Indonesia
WNI dari Wuhan disemprot disinfektan. ©HANDOUT/INDONESIAN EMBASSY/AFP
DUNIA | 28 Februari 2020 06:18 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Wabah virus corona sudah merebak ke puluhan negara, termasuk ke negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, Australia, Filipina. Namun hingga saat ini pemerintah Indonesia belum melaporkan ada kasus corona di Tanah Air. Hal ini memicu kekhawatiran sejumlah negara asing tentang penanganan dan kesiapan Indonesia dalam menghadapi wabah corona.

Para pejabat di Kedutaan Amerika Serikat dan sejumlah diplomat Negara Barat menyampaikan kekhawatiran mereka kepada para pejabat Indonesia soal bagaimana RI menangani wabah corona. Mereka menyerukan perlunya pemerintah Indonesia lebih mempersiapkan diri dan menjalankan perlindungan terhadap wabah corona.

Sumber diplomatik mengatakan sejumlah duta besar negara barat termasuk dari AS sudah bertemu dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan menyampaikan kerisauan mereka itu.

Dilansir dari laman the Age, Rabu (26/2), pesan yang disampaikan para diplomat itu termasuk peringatan soal perlunya pemerintah RI bertindak aktif melakukan pendeteksian virus corona.

"Banyak rumah sakit tidak punya perlengkapan memadai, ranjang isolasi, dan pemindahan sampel yang aman," kata mereka.

Baca Selanjutnya: Secara Statistik Sangat Tidak Mungkin...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami