Kelompok Islamis di Pakistan Demo Desak Imran Khan Mundur

DUNIA | 1 November 2019 20:04 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Ribuan anggota kelompok Islamis berunjuk rasa di Islamabad hari ini menuntut Perdana Menteri Imran Khan mundur dari jabatannya.

Pasukan keamanan memblokir jalanan dengan kontainer namun pengunjuk rasa terus berdatangan ke kota, duduk di alun-alun dan tempat terbuka sembari menunggu instruksi dari pemimpin mereka sebelum salat Jumat.

Pawai Kebebasan atau Azadi March dipimpin saingan Khan, Maulana Fazlur Rehman, yang mengetuai Jamiat Ulema-e-Islam (JUI-F), partai Islam terbesar di negara tersebut. Demonstrasi ini menjadi tantangan besar pertama bagi pemerintahan Khan ketika ia berjuang memadamkan kemarahan publik yang meningkat karena goyahnya perekonomian dan inflasi dua digit.

"Kami berunjuk rasa untuk memulangkan pemerintah yang tak punya kemampuan ini. Rakyat kami pengangguran dan banyak pabrik tutup," protes Abu Saeed Khan yang datang dari Peshawar kepada AFP, dilansir dari Channel News Asia, Jumat (1/11).

"Kita harus mengeluarkan mereka dari kekuasaan," tambah pengunjuk rasa lainnya, Anas Khan.

Rehman dijadwalkan mengimami salat Jumat dengan para pengunjuk rasa yang kemudian diikuti dengan serangkaian pidato dari politikus oposisi.

Namun, belum jelas taktik apa yang kelompok ini rencanakan untuk digunakan selama protes atau berapa lama mereka akan berada di Islamabad.

Ulama itu menegaskan bahwa Khan perlu dicopot dari jabatannya dan harus diselenggarakan pemilu yang adil.

Menjelang demonstrasi, pengguna media sosial menyorot Rehman dan para pengikutnya atas penolakan mereka untuk mengizinkan perempuan ikut berpartisipasi, sementara ada laporan yang tersebar wartawan perempuan dicegah meliput demonstrasi.

"Sambil memberikan intro seorang pria datang dan mulai mengatakan perempuan tidak diizinkan, perempuan TIDAK BISA berada di sini. Pergi! Perlahan tapi dalam satu menit? Kerumunan pria mengelilingi kami dan mulai meneriakkan slogan-slogan, kami harus pergi," cuit jurnalis perempuan Shiffa Z Yousafzai.

Baca juga:
Kerata Api Terbakar di Pakistan, 70 Orang Tewas
Tabung Gas Meledak di Kereta Padat Pakistan, 70 Orang Tewas
India-Pakistan Kembali Baku Tembak di Kashmir, 10 Orang Tewas
Presiden Pakistan Ucapkan Selamat Atas Pelantikan Jokowi Lewat Video
Kate Middleton Cantik Mengenakan Topi Tradisional Suku Kalash
Kunjungi Masjid Terbesar di Pakistan, Kate Middleton Cantik Berbusana Muslimah

(mdk/pan)