Kematian George Floyd, Anggota Kongres AS Usulkan RUU Polisi Bisa Dituntut Ganti Rugi

Kematian George Floyd, Anggota Kongres AS Usulkan RUU Polisi Bisa Dituntut Ganti Rugi
Kerusuhan pecah di Minneapolis. ©REUTERS/Eric Miller
DUNIA | 2 Juni 2020 13:39 Reporter : Iqbal Fadil

Merdeka.com - Demonstrasi besar-besaran di berbagai kota di Amerika Serikat atas kematian George Floyd di tangan polisi masih terus terjadi. Dalam berbagai kasus kekerasan yang dilakukan terhadap warga, polisi mendapat perlindungan pengadilan meski dinyatakan bersalah dan mereka tidak bisa dituntut ganti rugi perdata.

Seorang anggota parlemen AS dari kubu independen berencana memperkenalkan undang-undang pada pekan ini yang ia harap akan mengakhiri pola kekerasan polisi dengan mengizinkan para korban untuk menuntut petugas karena tindakan ilegal dan tidak konstitusional.

Anggota Kongres Justin Amash, seorang independen konservatif dari Michigan, mendapatkan dukungan dari kubu Demokrat Minneapolis pada hari Senin untuk sebuah RUU yang akan mengakhiri imunitas atau kekebalan polisi dari gugatan korban. Dikutip dari Reuters, Selasa (2/6), UU ini memungkinkan gugatan perdata terhadap polisi, sebuah jalan yang belum dilakukan Mahkamah Agung Amerika.

Selama ini, doktrin 'qualified immunity' di pengadilan AS telah melindungi polisi dari tuntutan perdata atau penyelesaian keuangan bagi para korban atau keluarga yang sedang berduka. Bahkan ketika pengadilan telah memvonis bahwa petugas melanggar hak-hak sipil.

"Pembunuhan brutal terhadap George Floyd hanyalah yang terbaru dari serangkaian insiden pelanggaran polisi yang mengerikan," Amash mengatakan kepada rekan-rekannya dalam sebuah surat.

"Pola ini berlanjut karena polisi secara hukum, politik dan budaya terisolasi ... Itu harus berubah sehingga insiden ini berhenti terjadi."

Anggota Kongres dari Partai Demokrat Ilhan Omar, menurut seorang stafnya akan mendukung RUU itu. Dan Amash bertujuan untuk memperkenalkan draft RUU pada hari Kamis. Belum ada kepastian apakah undang-undang akan mendapatkan dukungan dari Kaukus Hitam Kongres.

Baca Selanjutnya: RUU ini akan menambah dengan...

Halaman

(mdk/bal)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami