Kenangan Anwar Ibrahim Ketika Menginap di Rumah Habibie di Jerman

DUNIA | 12 September 2019 12:37 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Presiden Partai Pakatan Rakyat Malaysia Anwar Ibrahim mengungkapkan duka cita mendalam atas meninggalnya Presiden Ke-3 BJ Habibie kemarin.

"Saya mendengar kabar sedih dari Indonesia, teman dekat dan terpercaya yang juga Presiden ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal hari ini," ujar Anwar kemarin, seperti dilansir laman The Independent, Kamis (12/9).

Menurut lingkaran dekat Anwar Ibrahim, Habibie dan Anwar punya hubungan dekat yang istimewa dan Habibie pernah sangat khawatir dengan kesehatan Anwar ketika dia sakit.

Setelah menjalani operasi di Jerman, Anwar Ibrahim pernah tinggal di rumah Habibie di Jerman untuk masa pemulihan. Anwar tak pernah melupakan persahabatan dengan Habibie ketika dia berada di masa-masa sulit.

Setelah dibebaskan dari penjara pada 2004, Anwar menjalani operasi saraf tulang belakang di Munich dan tinggal di rumah Habibie.

"BJ Habibie adalah orang yang sudah saya anggap keluarga dan dia sangat perhatian terhadap penderitaan yang saya alami ketika saya dalam proses pemulihan selepas operasi sesudah keluar dari penjara," kata Anwar.

Tokoh reformis Malaysia itu juga berterima kasih kepada almarhumah Ainun Habibie yang juga merawatnya ketika dia di Jerman.

"Dia orang yang rendah hati dengan kecerdasan luar biasa dan dia bukan politikus biasa," kenang Anwar di laman Facebooknya.

"BJ Habibie selalu percaya diri dan bersemangat dalam berbicara. Ini sesuatu yang unik dari seorang pemimpin hebat yang pasti akan selalu dikenang semua kalangan," kata Anwar.

Tokoh Malaysia itu juga menyampaikan duka cita atas nama partainya, PKR.

Baca juga:
Ini Pesan BJ Habibie ke Kepala Bappenas
Cerita Wiranto Tentang BJ Habibie Saat Jadi Menteri Hingga Presiden RI ke-3
Ma'ruf Amin Mengenang Sosok BJ Habibie
VIDEO: Doa Terbaik AHY untuk Almarhum BJ Habibie
Mahfud MD: Habibie Berotak Jerman Berhati Mekkah
BJ Habibie Wafat, Airlangga Minta Kader Golkar Kibarkan Bendera Setengah Tiang

(mdk/pan)