Korea Utara Abaikan Tawaran Bantuan dan Vaksin Covid dari AS

Korea Utara Abaikan Tawaran Bantuan dan Vaksin Covid dari AS
Kim Jong Un Pantau Apotek di Pyongyang. ©2022 AFP/STR/KCNA VIA KNS
DUNIA | 23 Mei 2022 14:34 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Amerika Serikat (AS) menawarkan bantuan dan juga vaksin Covid-19 kepada Korea Utara yang telang dilanda gelombang infeksi Covid yang meluas. Presiden AS, Joe Biden menyampaikan terkait tawaran ini namun belum ada tanggapan dari Korea Utara.

Setelah Korea Utara melaporkan kasus Covid pertamanya awal bulan ini, banyak pihak mengkhawatirkan krisis kesehatan di negara itu memburuk karena terbatasnya sumber daya kesehatan, termasuk vaksin Covid-19.

Biden, yang berada di Seoul dalam lawatan pertamanya ke Asia sebagai presiden, mengatakan AS dan Korea Selatan juga menyampaikan tawaran baru bantuan Covid-19 ke Pyongyang, namun belum ada jawaban.

"Kami telah menawarkan vaksin, tidak hanya ke Korea Utara tapi juga China, dan kami siap memberikannya segera," jelasnya dalam konferensi pers di Seoul, dikutip dari Al Arabiya, Senin (23/5).

"Kami tidak mendapat tanggapan," lanjutnya.

Saat ini, sekitar 2,5 juta orang dilaporkan mengalami demam di Korea Utara dan 66 kasus kematian dikonfirmasi sejak wabah ini muncul.

Biden dan Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol mengungkapkan keprihatinannya atas merebaknya wabah Covid di Korea Utara.

"Republik Korea dan AS ingin bekerja sama dengan komunitas internasional untuk memberikan bantuan ke DPRK (Korea Utara) untuk memberantas virus," jelas pernyataan bersama Biden-Yoon Suk-yeol.

Rumah sakit di Korea Utara memiliki keterbatasan alat kesehatan, ruang ICU, obat-obatan Covid, maupun kemampuan tes Covid massal.

Yoon menyampaikan, tawaran bantuan tersebut berdasarkan prinsip-prinsip kemanusiaan dan terpisah dari masalah politik dan militer Seoul dengan Pyongyang. (mdk/pan)

Baca juga:
Momen Kim Jong-un Ikut Gotong Jenazah Perwira Militer Korea Utara
Korea Utara Sarankan Warganya Berkumur Air Garam untuk Obati Covid-19
Kesibukan Penduduk Korea Utara Hadapi Lonjakan Covid-19
Korea Utara Kirim Pesawat ke China untuk Ambil Pasokan Medis Hadapi Covid-19
Ribuan Pasukan Militer Korut Diterjunkan untuk Tangani Covid-19

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami