Kubu Trump Kini Salahkan Obama Atas Banyaknya Korban Pandemi Corona di AS

Kubu Trump Kini Salahkan Obama Atas Banyaknya Korban Pandemi Corona di AS
DUNIA | 13 Mei 2020 11:51 Reporter : Iqbal Fadil

Merdeka.com - Sebanyak 1,4 juta orang terinfeksi dan lebih dari 83 ribu kematian akibat wabah virus corona di Amerika Serikat membuat pemerintahan Presiden Donald Trump mendapat kritikan keras. Trump dinilai telah gagal mengambil langkah-langkah pencegahan.

Namun, kubu Trump yang kini sedang mempersiapkan diri berkampanye menghadapi Pilpres AS akhir tahun ini, mengalihkan kegagalan itu kepada presiden sebelumnya, Barack Obama.

Dalam dialog dengan menantu perempuan Trump, Lara Trump, yang disiarkan langsung oleh tim kampanye Trump pada Senin malam, Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell mengatakan bahwa tim Obama, yang keluar dari kantor lebih dari tiga tahun lalu, "Tidak mewariskan kepada pemerintahan Trump semacam panduan atau strategi untuk menghadapi hal semacam ini," ujarnya seperti dikutip Yahoo News, Rabu (13/5).

McConnell juga mengatakan Obama "tidak berkelas" karena mengkritik langkah-langkah yang telah dilakukan pemerintahan Trump menangani wabah corona, dengan mengatakan bahwa Obama "seharusnya tutup mulut."

Dalam sebuah rekaman audio panggilan dengan mantan anggota pemerintahannya pekan lalu yang diperoleh oleh Yahoo News, Obama mengatakan bahwa penanganan pandemi yang dilakukan pemerintahan Trump adalah "kekacauan mutlak."

"Anda tahu, kami tahu dia (Obama) tidak suka pemerintahan ini, itu bisa dimengerti," McConnell menambahkan.

"Tapi saya pikir itu agak 'tidak berkelas', terus terang, untuk mengkritik suatu pemerintahan setelah Anda. Padahal, Anda (Obama) sudah mencobanya, Anda berada di sana selama delapan tahun." cetus McConnell.

Baca Selanjutnya: Buku Panduan Obama...

Halaman

(mdk/bal)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami