Lagi, Bahrun Naim dikabarkan tewas di Suriah

DUNIA | 5 Juli 2018 14:14 Reporter : Farah Fuadona

Merdeka.com - Pemimpin kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) asal Indonesia, Bahrun Naim, kembali dilaporkan tewas. Menurut laporan Channel News Asia, ia tewas akibat serangan drone Amerika Serikat di Suriah sebelum Ramadan, mengutip sumber keamanan regional.

Namun Polisi belum bisa membuktikan kebenarannya. Verifikasi kematiannya membutuhkan bukti yang sah. "Saya tidak bisa berkomentar jika belum ada data yang akurat," ujar juru bicara polisi nasional, Inspektur Jenderal Setyo Wasisto, melalui pesan singkat seperti dikutip dari Straits Times, Kamis (5/7).

Bahrun Naim dikenal sebagai sumber dana utama bagi serangan dan aktivitas teror di Indonesia, termasuk serangan bom di pos polisi depan pusat perbelanjaan Sarinah tahun 2016 lalu. Ia mengendalikan serangan di Indonesia dari Raqqa, Suriah, melalui aplikasi Telegram.

Namanya masuk daftar Sanksi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada Juli 2017 untuk berpartisipasi dalam pendanaan, perencanaan, memfasilitasi, mempersiapkan atau melakukan aksi atau aktivitas' dalam mendukung ISIS.

Bahrun Naim juga dikatakan memiliki kontak dengan Gigih Rahmat Dewa, pemimpin sel teroris Batam yang dituduh merencanakan serangan terhadap Marina Bay di Singapura.


Menlu Retno belum bisa pastikan kematian Bahrun Naim
Masih investigasi, Polri belum bisa pastikan kematian Bahrun Naim di Suriah
Kapolri tegaskan kematian Bahrun Naim hanya isu di medsos
Keluarga ikhlas jika Bahrun Naim tewas di Suriah
Isu Bahrun Naim tewas, Kapolri Tito kirim anak buah cek di Interpol
Kapolri belum bisa pastikan Bahrun Naim tewas sebelum lihat sendiri

(mdk/frh)