Mantan Raja Juan Carlos Tinggalkan Spanyol Saat Kasus Korupsi Kembali Diungkit

Mantan Raja Juan Carlos Tinggalkan Spanyol Saat Kasus Korupsi Kembali Diungkit
DUNIA | 4 Agustus 2020 13:03 Reporter : Iqbal Fadil

Merdeka.com - Mantan Raja Spanyol Juan Carlos meninggalkan negaranya demi melindungi nama baik kerajaan, mengingat dugaan korupsi terhadap dirinya kembali dibicarakan publik.

Pihak kerajaan mengungkapkan, Juan Carlos memberitahukan kepada anaknya, Raja Felipe, bahwa dia pergi ke luar negeri. Demikian seperti dikutip dari Reuters, Senin (3/8).

Mahkamah Agung Spanyol pada Juni lalu telah memulai penyelidikan terhadap keterlibatan Juan Carlos dalam kontrak pembangunan kereta cepat di Arab Saudi. Koran asal Swiss, La Tribune de Geneve melaporkan Juan Carlos menerima 100 juta dolar AS (sekitar Rp1,45 triliun) dari mendiang raja Arab Saudi.

Juan Carlos (82), lewat pengacaranya, Javier Sanchez-Junco, menolak menanggapi dugaan korupsi tersebut.

Sanchez-Junco pada Senin lewat pernyataan singkatnya mengatakan Juan Carlos akan tetap mengikuti proses hukum yang diadakan oleh pihak kejaksaan meskipun ia telah pergi ke luar negeri.

Koran di Spanyol, El Mundo memberitakan Juan Carlos telah meninggalkan Spanyol. Namun, laporan itu masih belum dapat diverifikasi.

Pernyataan pihak Istana menyebutkan ia ingin kekuasaan Felipe tidak terganggu oleh kegaduhan masyarakat yang disebabkan oleh persoalan pribadi Juan Carlos pada masa lalu.

"Terdorong oleh niat untuk melakukan langkah terbaik untuk melayani rakyat Spanyol, lembaga pemerintah, dan anda sebagai raja, saya menyampaikan kepada anda ... keputusan saya untuk keluar dari Spanyol saat ini," kata Juan Carlos.

Raja Felipe berterima kasih kepada Juan Carlos atas keputusannya. Raja menggarisbawahi "peninggalan bersejarah yang dicapai saat ayahnya menduduki takhta" untuk demokrasi di Spanyol.

Ia juga menyampaikan "prinsip dan nilai (demokrasi) didasari oleh Konstitusi dan aturan hukum".

Baca Selanjutnya: Desak Penyelidikan Menyeluruh...

Halaman

(mdk/bal)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami