Mantan Raja Malaysia Dikabarkan Bercerai dengan Ratu Kecantikan Rusia

DUNIA | 17 Juli 2019 18:55 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Pernikahan diam-diam mantan Raja Malaysia, Sultan Muhammad V dengan ratu kecantikan Rusia Oksana Voevodina kembali disorot setelah media lokal melaporkan pasangan itu telah berpisah hanya beberapa bulan setelah pernikahan dan kelahiran anak pertama mereka. Sultan Muhammad yang berasal dari Kesultanan Kelantan menikahi Oksana tahun lalu dalam upacara yang mewah di Moscow.

Pernikahan mereka menarik perhatian karena sultan pada waktu itu adalah Yang di Pertuan Agong di negara itu - gelar yang dipegang oleh kepala negara yang digilir di antara sembilan sultan Melayu setiap lima tahun.

Pria berusia 49 tahun kemudian membuat berita mengejutkan negara itu dengan turun tahta pada Januari lalu, tanpa memberikan alasan terkait keputusannya tersebut. Pengamat berpendapat, alasan turun tahtanya karena didorong oleh oposisi dalam lingkaran kerajaan berkaitan dengan pernikahannya dengan Oksana, warga negara asing yang lebih muda 23 tahun.

Media lokal melaporkan, pasangan ini mengajukan gugatan cerai pada bulan Mei, segera setelah putra mereka lahir. News Strait Times melaporkan pada Rabu, pembubaran resmi perkawinan itu diselesaikan di Pengadilan Syariah Singapura awal bulan ini. Surat kabar itu mengutip sebuah sumber yang memverifikasi gambar akta perceraian yang beredar daring adalah asli. Demikian dilansir dari laman South China Morning Post, Rabu (17/7).

Akta tersebut menyatakan perceraian dilakukan melalui mekanisme di bawah hukum Islam yang dikenal dengan talak tiga, di mana laki-laki dapat menceraikan istri mereka dengan mengucapkan kata talak sebanyak tiga kali.

Talak tiga berbeda dengan talak satu, dianggap sebagai bentuk perceraian paling parah di bawah yurisprudensi Islam karena pasangan itu tidak dapat bersatu kembali kecuali perempuan tersebut menikahi pria lain kemudian menceraikannya.

Secara terpisah, penyiar lokal di Astro Awani juga melaporkan perceraian tersebut pada Senin.
Di Malaysia, diskusi dan liputan tentang kehidupan pribadi bangsawan diredam salah satunya karena kekhawatiran penerapan undang-undang di negara tersebut.

Namun, berita terkait Oksana dan Sultan Muhammad V telah mulai terendus. Di Twitter dan Facebook, pengguna menyatakan keterkejutannya atas perceraian tersebut. Pada Selasa, istana Kelantan merilis pernyataan samar yang menunjukkan bahwa tidak ada pihak yang boleh mengklaim diri mereka sebagai pendamping sultan Kelantan tanpa deklarasi resmi dari istana.

Pernyataan itu menegaskan bahwa putra mahkota Kelantan adalah Tengku Muhammad Faiz Petra, saudara dari sultan saat ini. Pernyataan dirilis setelah unggahan di akun Instagram Oksana menyebut putranya sebagai putra mahkota Kelantan dan "insyallah sultan Kelantan berikutnya".

Akun itu atas nama Rihana Oksana Petra memiliki lebih dari 360.000 pengikut sejak unggahan pertama pada 4 Juni. Unggahan Oksana sebagian besar menampilkan gambar dirinya dan Sultan Muhammad V, disertai keterangan hubungan asmaranya yang berliku.

Dalam salah satu unggahan, Oksana menulis dia pertama kali bertemu Sultan Muhammad V saat musim semi 2017 di Eropa. Oksana, yang memenangkan gelar Miss Moscow pada tahun 2015, terakhir mengunggah foto pada 10 Juli, terkait ulang tahunnya yang ke-27.

Baca juga:
Ini Jawaban Orang Dekat Soal Kabar Perceraian Mantan Raja Malaysia dan Miss Moskow
Mantan Raja Malaysia Dikabarkan akan Ceraikan Eks Ratu Kecantikan Rusia
Raja Malaysia Turun Tahta Demi Cinta pada Miss Moskow?
Mengenal Sultan Muhammad V yang Mendadak Mundur sebagai Raja Malaysia
Para Pemimpin Dunia Menikahi Ratu Kecantikan
Mahathir Tidak Tahu Soal Pernikahan Raja Malaysia dengan Miss Moscow Oksana Voevodina
Fakta-fakta Menarik Oksana Voevodina, Istri Sultan Malaysia yang Baru Masuk Islam

(mdk/pan)