Hot Issue

Mengenal Ensefalopati, Perubahan Fungsi Mental yang Dialami Pasien Covid-19

Mengenal Ensefalopati, Perubahan Fungsi Mental yang Dialami Pasien Covid-19
DUNIA | 8 Oktober 2020 07:06 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Hampir sepertiga dari pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit mengalami beberapa jenis fungsi mental yang berubah - mulai dari kebingungan, mengigau, hingga tak responsif - dalam penelitian terbesar hingga saat ini tentang gejala neurologis di antara pasien virus corona di RS yang ada di Amerika.

Pasien dengan fungsi mental yang berubah memiliki hasil medis yang jauh lebih buruk, menurut penelitian yang diterbitkan pada Senin di Annals of Clinical and Translational Neurology. Studi tersebut mengamati catatan 509 pasien virus corona pertama yang dirawat di rumah sakit, dari 5 Maret hingga 6 April, di 10 rumah sakit di sistem kesehatan Northwestern Medicine di wilayah Chicago.

Dikutip dari New York Times, Rabu (7/10), pasien-pasien ini tinggal di rumah sakit tiga kali lebih lama dibandingkan pasien tanpa perubahan fungsi mental.

Setelah dipulangkan, hanya 32 persen pasien dengan fungsi mental yang berubah yang mampu menangani aktivitas rutin sehari-hari seperti memasak dan membayar tagihan, kata Dr. Igor Koralnik, penulis senior studi dan kepala penyakit infeksi saraf dan neurologi global di Northwestern Medicine. Sebaliknya, 89 persen pasien tanpa perubahan fungsi mental mampu mengelola aktivitas tersebut tanpa bantuan.

Baca Selanjutnya: Ensefalopati...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami