Menlu Retno Marsudi Bertemu Junta Bahas Perkembangan Myanmar

Menlu Retno Marsudi Bertemu Junta Bahas Perkembangan Myanmar
Menlu Retno Marsudi rapat di DPR. ©Liputan6.com/Angga Yuniar
DUNIA | 25 Februari 2021 08:43 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi bertemu timpalannya asal Myanmar, Menteri Luar Negeri U Wunna Maung Lwin. Keduanya bertemu di Bandara Don Muang, Bangkok, Thailand pada Rabu (24/2). Dalam pertemuan tersebut juga hadir Menlu Thailand, Don Pramudwinai.

Retno menyampaikan, dalam pertemuan tersebut Indonesia menyampaikan secara konsisten posisinya dalam menyikapi krisis di Myanmar pascakudeta militer pada 1 Februari lalu.

Indonesia, jelas Retno, memperhatikan perkembangan situasi di Myanmar, termasuk keamanan dan kesejahteraan rakyat menjadi prioritas nomor satu.

“Oleh karena itu, kita meminta semua pihak untuk menahan diri dan tidak menggunakan kekerasan untuk menghindari kemungkinan terjadinya korban dan pertumpahan darah,” jelasnya dalam rilis resmi Kementerian Luar Negeri RI.

Sejak kudeta 1 Februari, unjuk rasa massal terus berlanjut di berbagai kota dan daerah di seluruh Myanmar. Akhir pekan kemarin, dua orang demonstran tewas tertembak. Insiden ini menuai kecaman internasional.

Retno menyampaikan, Indonesia juga terus menekankan pentingnya proses transisi demokrasi yang inklusif. Oleh karena itu, diperlukan kondusivitas seperti dialog rekonsiliasi untuk membangun kepercayaan.

“Selain itu, saya juga menyampaikan Indonesia akan bersama dengan rakyat Myanmar,” ujarnya.

Baca Selanjutnya: Komunikasi dengan militer Myanmar...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami