Menteri Libanon Ungkap Penyebab Ledakan Besar di Beirut

Menteri Libanon Ungkap Penyebab Ledakan Besar di Beirut
DUNIA | 5 Agustus 2020 01:55 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Menteri Kesehatan Libanon Hamad Hassan mengatakan kepada Aljazeera, ratusan orang terluka akibat ledakan besar di pelabuhan yang mengguncang Ibu Kota Beirut, hari ini.

Laman Aljazeera melaporkan, Rabu (5/8), kerasnya ledakan itu menyebabkan getaran yang mengguncang sekaligus merusak bangunan di sekitar pelabuhan. Asap mirip cendawan besar membubung di langit Beirut.

Sejauh ini penyebab ledakan belum diketahui.

Namun Menteri Dalam Negeri Muhammad Fahmi mengatakan penyelidikan awal menyatakan ledakan itu berasal dari bahan peledak yang disita bertahun-tahun lalu.

Dia menuturkan pihak Bea Cukai harus ditanyakan mengapa bahan peledak itu ada di sana.

Kepala Keamanan Jenderal Abbas Ibrahim mengunjungi lokasi ledakan dan mengatakan ledakan itu disebabkan oleh bahan peledak besar yang disimpan di sebuah gudang.

"Kita ada di jalan masuk pelabuhan Beirut, Anda bisa lihat kerusakan di belakang saya. Ambulans terus berdatangan untuk mengevakuasi korban," kata reporter Aljazeera Zeina Khodr.

"Sejauh ini menurut sumber keamanan, sedikitnya sepuluh orang tewas akibat ledakan ini tapi tampaknya angka itu akan bertambah karena menurut menteri kesehatan dan juga Palang Merah Libanon, ratusan orang terluka dalam kejadian ini."

Baca Selanjutnya: Wartawan Aljazeera Timour Azhari yang...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami