Mossad Tuding Iran Di Balik Serangan ke Kapal Tanker di Teluk Oman

DUNIA | 2 Juli 2019 17:38 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Direktur Intelijen Israel, Mossad, Yossi Cohen, kemarin menuding Iran berada di balik serangan ke kapal tanker 13 Juni lalu di Teluk Oman.

Cohen menyampaikan hal itu dalam jumpa pers dengan mengutip sejumlah 'sumber terbaik Israel dan badan intelijen Barat'.

Laman Haaretz melaporkan, Senin (1/7), menurut Cohen, serangan Iran pada bulan lalu itu menargetkan kapal tanker, bandara Arab Saudi, dan sejumlah lokasi di Baghdad.

Cohen mengatakan serangan itu mendapat restu dari kepemimpinan Iran dan dilakukan oleh pasukan Garda Revolusi beserta kaki tangannya.

"Melalui serangan ini Iran ingin mengatakan kepada dunia mereka tidak takut dengan eskalasi situasi dan jika sanksi tidak dicabut makan akan membahayakan bagi pasar minya dunia," kata Cohen.

Selain itu Cohen juga menyebut ada kesempatan unik dan mungkin bersejarah, bagi perdamaian kawasan. Cohen menyinggung soal kepentingan bersama menghadapi musuh seperti Iran dan terorisme Jihadis di sisi lain serta kedekatan hubungan antara Israel dengan Gedung Putih dan Kremlin. (mdk/pan)

Baca juga:
Bersitegang dengan Iran di Teluk Oman, AS Kirim 1.000 Tentara ke Timur Tengah
Putra Mahkota Saudi Tuduh Iran Bersalah atas Serangan Kapal Tanker di Teluk Oman
Kapal Tanker Minyak di Teluk Oman Diduga Ditembak Torpedo
Kecil Kemungkinan Iran-AS Akan Berperang, Ini Alasannya
Karena Alasan Islam Melarang, Iran Klaim Tidak Akan Bikin Senjata Nuklir
Rekam Jejak Perang Ancaman AS versus Iran

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.